Sembuhkan Keloid dengan Madu, Lidah Buaya, Lemon dan Bawang Putih
berita
Keloid
19 November 2020 16:45
Watyutink.com – Selama ini orang kerap khawatir dengan bekas luka. Pasalnya luka dikulit seringkali bekas yang susah hilang. Bekas luka yang disebut keloid itu bahkan bisa menjadi besar. Jika keloid terjadi di bagian tubuh yang terlihat, seperti muka tentu sangat menganggu penampilan.

Itulah sebabnya orang selalu berusaha menghilangkan keloid. Bahkan tak jarang orang rela melakukan operasi guna menghilangkan keloid. Padalah sejatinya keloid bisa dihilangkan menggunakan bahan-bahan alami. Selain lebih aman, cara alami juga lebih murah lantaran bahan yang digunakan tersedia disekitar kita.

Tahukah Anda bahan alami apa yang berguna menghilangkan keloid?

Keloid adalah jaringan kulit tambahan yang tumbuh secara tidak normal di bekas luka. Keloid tumbuh di luar batas kulit yang luka. Sehingga keloid melebar dan menimbulkan tonjolan di kulit. Keloid sebenarnya tidak berbahaya. Namun beberapa keloid menimbulkan keluhan seperti gatal dan nyeri.

Keloid juga dipastikan mengganggu penampilan, terutama jika terdapat di wajah, tangan, atau bagian tubuh yang mudah terlihat lainnya. Hal ini juga bisa mempengaruhi kondisi mental dan emosi lantaran penampilannya terganggu. Jika tidak ditangani dikhawatirkan keloid bisa menurunkan kualitas hidup penderitanya.  

Keloid umumnya berbentuk tonjolan yang bisa dikenali dengan ukurannya. Namun keloid tidak muncul serta-merta besar. Keloid tumbuh secara perlahan dalam waktu tiga hingga 12 bulan, bahkan sampai bertahun-tahun. Keloid awalnya berawarna merah muda, merah, dan keunguan. Lama kelamaan  keloid menjadi berwarna lebih gelap.

Jika disentuh, keloid biasanya lebih halus dan licin dibandingkan permukaan kulis sekitarnya. Keloid juga terasa padat dan posisinya tidak berpindah-pindah.

Untuk menghilangkan keloid biasanya dilakukan langkah operasi. Dokter akan memotong dan menyuntikkan steroid pada lokasi kulit yang menderita keloid. Namun tindakan ini tidaklah mudah. Selain itu operasi dipastikan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Itulah sebabnya keloid sebaiknya diobati dengan bahan alami atau herbal yang lebih mudah dan murah.

Terdapat beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan keloid, salah satunya adalah madu. Caranya oleskan madu pada kulit yang terkena keloid. Lakukan dengan memberikan pijatan secara perlahan. Lakukan secara rutin dua kali sehari hingga lama kelamaan keloid akan menjadi kulit mati dan akhirnya terkelupas. Namun harus dipastikan madu yang digunakan adalah madu asli alami.

Lidah buaya juga bisa digunakan untuk mengatasi keloid. Lidah buaya diketahui mengandung antiseptik dan antibakteri yang berguna menyembuhkan keloid. Selain itu lidah buaya bisa mengurangi nyeri dan inflamasi atau radang. Caranya, bersihkan keloid dengan air hangat. Oleskan lidah buaya dan diamkan selama 10 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

Keloid juga bisa disembuhkan dengan perasan lemon. Bahan alami ini diketahui kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin C. Caranya cukup mudah, oleskan air perasan lemon ke kulit yang terkena keloid. Biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air. Lakukan secara rutin.  

Bawang putih juga mampu menghilangkan keloid. Pasalnya bawang putih berguna mencegah proliferasi fibroblast berlebih, salah satu penyebab pembesaran bekas luka keloid. Caranya, haluskan bawang putih dan oleskan ke bagian kulit yang terkena keloid. Biarkan selama 10 menit, lalu cuci dengan air hangat. Lakukan secara rutin.

 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF