Sembuhkan Gigi Ngilu dengan Pasta Gigi Kunyit
berita
Sumber Foto: hellosehat.com
13 June 2020 16:30
Watyutink.com - Manfaat kunyit untuk kesehatan tak perlu diragukan lagi. Kunyit bahkan dikenal sebagai rempah dengan segudang kegunaan. Itulah sebabnya pembuat jamu atau obat tradisional tidak pernah meninggalkan kunyit untuk ramuannya. 

Namun banyak yang belum mengetahui jika kunyit juga bermanfaat untuk kesehatan gigi. Pasalnya selama ini kunyit hanya digunakan untuk kesehatan badan, seperti pencernaan atau meningkatkan sistem imun. 

Tahukah Anda, apa mamfaat kunyit untuk kesehatan gigi? 

Komponen utama dalam kunyit adalah zat curcumin yang memiliki manfaat sebagai antibiotik, antiseptik, dan anti-inflamasi. Hal inilah yang menjadikan khasiat kunyit sangat dahsyat, termasuk untuk kesehatan gigi. 

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Indian Society of Periodontology menunjukkan rutin membersihkan gigi dengan kunyit bisa mengurangi nyeri atau ngilu akibat gigi sensitif. Selain itu berkumur dengan kunyit juga berguna untuk mengobati radang gusi. 

Curcumin diketahui juga memiliki sifat anti-kanker. Itulah sebabnya kunyit bisa menjadi salah satu obat untuk mencegah penyakit kanker mulut. Ekstrak kunyit juga terbukti efektif membunuh sel kanker mulut, termasuk sel yang tahan terhadap pengobatan kemoterapi. 

Namun banyak yang bertanya, bagaimana cara memanfaatkan kunyit untuk kesehatan gigi. Tentu tidak mungkin menggunakan kunyit untuk pasta gigi. Noda kunyit akan sulit dihapus dan dipastikan membuat gigi terlihat kuning. 

Ternyata, anggapan itu tidak benar. Pasalnya efek warna kuning dari kunyit tidak akan menempel pada gigi. Sebaliknya, kunyit justru akan membantu memutihkan gigi.

Cara terbaik memanfaatkan kunyit untuk kesehaatan gigi adalah  menggunakan baking soda dan minyak kelapa sebagai campuran untuk membuat pasta gigi dari kunyit. Campuran antara kunyit dan baking soda akan berfungsi seperti amplas yang membantu memutihkan gigi dan mengatasi infeksi gusi. 

Sedangkan minyak kelapa berguna untuk membunuh bakteri dan plak yang terdapat pada gigi. Untuk membuat pasta gigit dari kunyit, terlebih dahulu siapkan bahan-bahannya, yakni empat sendok makan kunyit bubuk, dua sendok makan minyak kelapa, dan dua sendok teh baking soda. 

Cara membuatnya, campur semua bahan di wadah kecil. Aduk hingga rata dan menjadi pasta. Simpan dalam lemari es agar menjadi dingin dan berubah menjadi pasta yang solid. Gosokkan pasta ini pada gigi selama dua menit, lalu bilas dengan air bersih agar warna kuningnya hilang. Lakukan sepekan sekali. 

Namun perlu diingat penggunaan kunyit dalam dosis berlebihan bisa menimbulkan gangguan pencernaan. Selain itu wanita hamil dan menyusui, wanita yang menjalani kemoterapi untuk kanker payudara sebaiknya tidak menggunkaan pasta gigi kunyit. 

Orang dengan masalah jantung kongestif dan yang menderita gastritis, batu empedu, diabetes dan gangguan pembekuan darah sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila