Sembuhkan Gatal Alergi dengan Jahe, Lengkuas, Sereh, dan Habbatussauda
berita

04 August 2020 16:52
Watyutink.com – Salah satu penyebab gatal yang kerap dialami orang adalah alergi. Gangguan kesehatan ini bisa sangat mengganggu. Pasalnya kulit akan menderita gatal yang sangat tidak tertahankan. Selain itu gatal alergi juga kerap menimbulkan ruam kulit dan bintik merah. Alergi juga bisa menimbulkan bentol atau bengkak kecil di beberapa bagian tubuh.

Itulah sebabnya penderita alergi selalu berusaha mencari cara untuk menyembuhkan gangguan kesehatan tersebut. cara paling singkat yang dipakai adalah dengan mengonsumsi obat-obatan anti alergi. Cara ini terbilang mudah lantaran obat tersebut bisa diperoleh dengan mudah di apotek dan toko obat.

Padahal sebenarnya gatal alergi bisa diatasi dengan bahan alami yang mudah diperoleh. Terlebih bahan alami yang digunakan kerap digunakan untuk bumbu dapur.

Tahukah Anda bahan alami apa yang bermanfaat sebagai obat alergi?

Alergi sejatinya adalah sistem pertahanan yang dibuat oleh tubuh untuk menangkal bahaya yang ditimbulkan oleh zat atau substansi asing. Alergi pada dasarnya tidak berbahaya. Namun lantaran kerap menimbulkan reaksi atau alergen, alergi dianggap sebagai kondisi yang sangat mengganggu. Itulah sebabnya gangguan akibat alergi harus segera diatasi.

Alergi bisa dipicu oleh berbagai sebab. Makanan menjadi faktor penyebab yang paling sering ditemui. Selain itu obat-obatan, debu, bulu hewan atau gigitan serangga juga bisa menjadi pemicu alergi. Ketika seseorang terpapar dengan alergen, tubuh akan memproduksi antibodi. Hal ini lantaran alergen dianggap sebagai sesuatu yang berbahaya bagi tubuh.

Setiap kali terpapar alergen yang sama, tubuh akan meningkatkan produksi antibodi terhadap alergen tersebut. Akibat produksi antibodi yang meningkat, memicu pelepasan histamin ke dalam darah. Hal inilah yang menimbulkan reaksi atau gejala seperti gatal, ruam dan bentol di kulit.

Reaksi alergi juga bisa berupa batuk, bersin, sesak nafas, hidung berair, mual, dan muntah. Dalam kondisi yang lebih parah, alergi bisa menimbulkan sesak nafas berat, pusing, tekanan darah turun, bahkan pingsan. Dalam kondisi seperti ini, penderita harus dilarikan ker rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih intensif.

Sedangkan gejala alergi ringan bisa disembuhkan sendiri di rumah. Cara yang paling banyak digunakan adalah dengan meminum obat-obatan anti alergi yang banyak dijual di apotek atau toko obat. Namun sebenarnya alergi bisa disembuhkan dengan ramuan bebahan alami atau herbal. Bahan yang digunakan adalah jahe, lengkuas, dan serai atau sereh.

Siapkan masing-masing lima sentimeter jahe, lengkuas, dan sereh, parut hingga halus. Rebus ramuan tersebut dengan 300 mililiter air selama sekitar tiga menit. Setelah mendidih angkat dan biarkan menjadi hangat lalu saring. Tambahkan madu untuk menambah rasa. Minum sebelum makan, dua atau tiga kali sehari.

Cara kedua, campur ampas saringan ramuan tersebut dengan 100 cc minyak zaitun. Diamkan selama 24 jam, lalu oleskan pada bagian yang gatal atau bengkak akibat alergi.

Alergi juga bisa diatasi dengan habbatussauda cair. Ambil beberapa tetes dan masukkan dalam kulkas hingga dingin. Oleskan habbatussauda dingin itu ke permukaan kulit yang gatal akibat alergi, lakukan dua atau tiga kali sehari.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF