Sembuhkan Asam Urat dengan Buah Kersen, Daun Sukun, Daun Sirih Cina, dan Kayu Secang
berita
Sakit Asam Urat
07 July 2020 17:12
Watyutink.com – Asam urat adalah penyakit yang banyak diderita orang Indonesia. Penyakit yang menyerang persendian ini sangat menyiksa dan mengganggu. Saat asam urat kambuh, dipastikan semua aktivitas terhenti. Persendian akan terasa nyeri dan sangat menyakikan. Dalam kondisi seperti itu tidak mungkin beraktivitsa secara normal. Jangankan bekerja, bergerak saja terasa sulit.

Penderita seringkali menggunakan obat-obatan kimia untuk meredakan sakit dan nyeri akibat asam urat. Padahal sejatinya, asam urat bisa diatasi menggunakan obat tradisional atau ramuan alami. Para ahli menyebut penggunaan ramuan alami atau herbal lebih dianjurkan lantaran bebas dari kandungan kimia yang bisa jadi menimbulkan efek samping.

Tahukah Anda, apa ramuan alami yang bisa mengatasi asam urat?

Penyakit asam urat disebut juga gout adalah penyakit yang menyerang persendian . Penyakit ini terjadi lantaran kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah. Dalam kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan keluar melalui urine. Namun saat terjadi gangguan, tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah berlebih. Akibatnya tubuh kesulitan membuang kelebihan asam urat sehingga menumpuk dalam tubuh.

Penumpukan asam urat akan memicu terbentuknya kristal di persendian. Hal inilah yang menyebabkan sendi menjadi kaku dan sulit digerakkan. Seringkali disertai rasa nyeri yang aman sangat. Meski kristal terbentuk di persendia, namun terkadang juga muncul di ginjal dan saluran kemih. Jika ini terjadi, asam urat bisa pula menganggu kerja organ ginjal dan memicu penyumbatan salurah kemih.

Itulah sebabnya asam urat tidak bisa dipandang remeh dan harus segera diatasi. Para ahli kesehatan menganjurkan, sebelum menggunakan obat-obatan kimia, penderita asam urat memanfaatkan bahan-bahan alami atau herbal. Sejatinya ada banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi asam urat.

Salah satu bahan alami yang bisa mengatasi asam urat adalah buah kersen. Buah yang kerap dianggap remeh ini ternyata kaya akan kadungan zat flavonoid yang dapat menghambat enzim xantin oksidase yang membentuk asam urat dalam darah. Selain itu buah kersen juga membantu melarutkan purin yang mengendap di ginjal dan persendian. Itulah sebabnya rutin mengonsumsi buah kersen diyakini mampu mengobati dan mencegah asam urat.

Daun sukun juga bermanfaat menyembuhkan asam urat. Pasalnya daun sukun mengandung asetikolan, tanin, asam hidrosianat, antiradang dan riboflavin yang berguna sebagai obat asam urat. Selain itu, daun sukun kering juga memiliki kandungan antioksidan yang berguna menangkal radikal bebas, penyebab berbagai penyakit, termasuk asam urat.

Untuk memanfaatkannya, rebus daun sukun kering dengan lima gelas air sampai mendidih dan biarkan sampai dingin. Minum secara rutin rebusan air daun sukun dua kali sehari. Untuk menambah rasa bisa juga dengan menambahkan madu atau gula batu.

Kayu secang juga mampu mengobati penyakit asam urat. Hal ini akibat kandungan sappanchalcone dan caesalpin-P yang dimilikinya. Kedua senyawa tersebut memiliki sifat antiinflamasi yang berkhasiat mengatasi penyakit asam urat. Kayu secang juga mengandung senyawa brazilin, kaesalpin-P, sappankalkon, dan protosappanin-A akan menjadi inhibitor yang berguna menurunkan kadar gula dalam darah. Itulah sebabnya kayu secang juga bermanfaat bagi penderita diabetes.

Cara mengolahnya cukup mudah, rebus kulit kayu secang, jahe, dan daun pandan hingga mendidih. Diamkan dan biarkan menjadi hangat. Minum ramuan tersebut secara rutin setiap hari.

Daun tempuyung juga berguna untuk obat asam urat. Pasalnya daun tempuyung mengandung beragam senyawa kimia, seperti asam amino, polifenol, protein; alfa dan beta-amyrin, lipid, hidrokarbon polimer, lupeol, pseudotaraxasterol dan taraxasterol. Itulah sebabnya, daun tempuyung berguna sebagai obat asam urat.

Caranya, siapkan 30 gram daun tempuyung segar, cuci hingga bersih. Rebus dengan tiga gelas air hingga mendidih dan tersisa satu gelas. Angkat, saring dan biarkan menjadi hangat. Minum air rebusan tersebut setiap hari secara rutin. Bisa juga ditambahkan madu untuk menambah rasa.

Daun sirih cina juga mampu mengatasi asam urat. Pasalnya daun sirih cina mengandung senyawa yang cukup beragam, seperti tanin, alkaloid, kalsium oksalat, lemak dan minyak atsiri. Selain itu sirih cina juga mengandung sifat anti-inflmatory, antibiotik, dan analgesik. Hal ini membuat sirih cina mampu mengobati beragai penyakit, termasuk asam urat.

Caranya, ambil segenggam daun dan batang sirih cina, rebus dengan dua gelas air selama 15-20 menit. Setelah mendidih angkat dan biarkan menjadi hangat. Minum air rebusan sirih cina itu rutin tiga kali sehari.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila