Sembuhkan Asam Lambung dengan Air Rendaman Jahe dan Kurma
berita

19 September 2020 18:15
Watyutink.com - Penyakit asam lambung adalah gangguan kesehatan yang banyak diderita orang Indonesia. Penyakit yang juga bernama gastroesophageal reflux disease (GERD) ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Pasalnya jika sedang kambuh asam asam lambung akan menimbulkan rasa seperti terbakar di dada hingga kerongkongan. Gejala penyakit asam lambung bisa muncul hingga dua kali dalam sepekan. 

Penyakit asam lambung bisa menyerang semua usia, baik anak-anak maupun orang dewasa. Jika tidak segera diatasi, penyakit ini akan semakin parah dan bisa menimbulkan komplikasi. Itulah sebabnya penyakit asam lambung haru segera diatasi. 

Kebanyakan orang memilih menggunakan obat-obatan kimia untuk mengatasi asam lambung. Padahal sejatinya asam lambung juga bisa diatasi dengan bahan-bahan alami atau obat herbal. 

Tahukah Anda, bahan alami apakah yang  bermanfaat mengatasi penyakit asam lambung?

Salah satu bahan obat herbal yang digunakan adalah jahe. Rempah atau rimpang yang kerap dijadikan bumbu masak ini diketahui kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, termasuk mengatasi gangguan asam lambung. 

Jahe mengandung senyawa fenolat yang dapat meredakan iritasi saluran pencernaan serta mengurangi kontraksi lambung. Jahe juga dapat mengurangi risiko naiknya zat asam dari lambung ke kerongkongan. Itulah sebabnya refluks asam lambung bisa dihindari dengan mengonsumsi jahe.   

Selain itu jahe juga memiliki sifat antiradang yang baik untuk tubuh. Para ahli kesehatan menyatakan peradangan dalam tubuh bisa berkurang dengan mengonsumsi jahe selama satu bulan. 

Sedangkan rasa hangat akibat mengonsumsi jahe bisa menimbulkan rasa tenang dan mengurangi produksi asam lambung. Jahe juga bisa menghindarkan tubuh dari mual, nyeri otot, dan mengurangi pembengkakan.

Manfaat jahe untuk mengatasi asam lambung akan semakin manjur jika dikombinasikan dengan kurma. Penelitian yang dilakukan para ahli membuktikan buah khas Timur Tengah ini bermanfaat bagi kesehatan lambung. Bahkan kurma dapat mencegah kanker lambung. 

Pakar kesehatan herbal, dr Zaidul Akbar melalui akun instagramnya berbagi resep membuat minuman yang berguna mengatasi asam lambung. Bahan yang perlu disiapkan adalah satu ruas jahe sebesar jempol orang dewasa, dan tiga butir kurma.

Iris jahe menjadi beberapa potongan kecil lalu geprek. Sedakang kurma cukup disuwir-suwir saja. Rendam jahe dan kurma, termasuk bijinya dalam 300 militer air putih. Masukkan dalam botol dan diamkan selama enam jam. 

Minum secara rutin air rendaman jahe dan kurma tersebut. Penyakit asam lambung akan berangsur sembuh dan tidak kambuh lagi. 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF