Selain Kurma, Ternyata Semangka, Blewah, Alpukat, dan Melon Sangat Baik untuk Buka Puasa
berita
Sumberfoto: grid.id
21 April 2021 17:00
Watyutink.com – Manfaat kurma untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Kandungan nutrusi yang sangat kaya dalam kurma diyakini dapat membuat tubuh lebih bugar. Terlebih disaat masyarakat menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Mengonsumsi buah khas Timur Tengah ini akan menambah kelancaran dalam melaksanakan salah satu dari lima rukun Islam itu. Itulah sebabnya para ahli kesehatan sangat menganjurkan makan buah kurma saat berbuka puasa.

Ternyata bukan hanya kurma, buah yang baik dikonsumsi saat buka puasa. Ada beberapa buah yang juga baik dikonsumsi umat Islam saat mengakhiri ibadah puasa tiap hari. Buah-buahan itu diketahui kaya akan nutrisi yang berguna untuk kesehatan tubuh, terutama saat berpuasa.

Tahukah Anda, apa saja buah yang baik dimakan saat berbuka puasa selain kurma?

Buah pertama yang baik dikonsumsi saat buka puasa adalah semangka. Buah ini dikenal kaya akan kandungan air. Mengonsumsi semangka saat buka akan membuat asupan air dalam tubuh segera tercukupi. Sehingga tubuh terhindar dari dehidrasi atau kekurangan cairan.

Selain itu, kadar glukosa pada semangka juga bisa menjadi sumber energi. Sedangkan kandungan lycopene yang cukup tinggi dalam semangka akan membuat tubuh selalu terjaga energinya saat melaksanakan ibadah puasa.

Pisang juga sangat baik dimakan saat berbuka puasa. Selain membuat kenyang, pisang juga mampu melindungi dinding lambung dari iritasi. Selain itu pisang juga mampu mengurangi kadar asam dalam lambung. Itulah sebabnya pisang sangat tepat dikonsumsi saat berbuka puasa, terutama bagi penderita maag. Pisang juga kaya akan kandungan vitamin A, B1, B2, dan C. Selain mencegah asam lambung, makan pisang juga mampu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.  

Buah ketiga yang baik dimakan saat buka puasa adalah apel. Buah yang kaya akan kandungan vitamin A, B, dan C ini mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Mengonsumsi apel diyakini dapat mencegah seseorang makan terlalu banyak saat buka puasa. Lantaran bisa menimbulkan rasa kenyang yang lama, apel juga baik dimakan saat sahur.

Keempat, buah yang baik dimakan saat buka adalah blewah. Buah yang biasa diolah menjadi es buah dan es campur ini memiliki kandungan air yang sangat banyak. Mengonsumsi blewah saat buah akan mengembalikan asupan cairan dalam tubuh dalam waktu cepat.  

Blewah juga berguna untuk menyerap menyerap zat-zat yang tak diperlukan, terutama akibat dari berbagai bumbu masakan dan obat-obatan. Blewah juga mampu mengatasi mual akibat asam lambung naik. Itulah sebabnya blewah sangat baik dikomsumsi saat buka puasa bagi penderita maag.

Melon adalah buah berikutnya yang baik dimakan saat buka puasa. Meski rendah kalori, melon sangat kaya akan kandungan air. Sehingga makan melon saat buka puasa akan mengembalikan keseimbangan cairan dan menghindarkan tubuh dari dehidrasi. Melon juga kaya akan serat, kalium, antioksidan,  vitamin C, beta-karoten dan lysopene yang sangat baik untuk kesehatan.

Alpukart juga sangat baik dimakan saat berbuka puasa. Kandungan lemak nabati pada alpukat diyakini mampu mengembalikan energi tubuh setelah berpuasa. Alpukat juga kaya akan vitamin B yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu alpukat juga baik untuk menjaga berat badan tetap selalu ideal.

Markisa adalah buah berikutnya yang baik digunakan untuk menu berbupa puasa. Pasalnya markisa kaya akan serat, vitamin C, A, zat besi serta kalium. Selain itu markisa kaya akan kandungan air. Selaian mampu mencegah tubuh mengalami dehidrasi, markisa juga membantu memperlambat pencernaan, sehingga tubuh merasa kenyang lebih lama.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF