Selain Kurma, Air Jahe, Lemon, dan Telur juga Baik Untuk Sahur
berita
Sumber Foto : detik.com
16 April 2021 17:42
Watyutink.com - Manfaat kurma selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan sudah tidak diragukan lagi. Kandungan nutrisi yang sangat kaya dalam kurma diyakini akan membuat tubuh tetap bugar meski tidak makan dan minum seharian saat menjalani puasa. 

Itulah sebabnya sangat dianjurkan makan kurma saat sahur. Ternyata selain kurma ada beberapa makanan yang juga baik dikonsumsi saat sahur. 

Tahukah Anda, apa saja makanan yang baik dikonsumsi saat sahur? 

Dirangkum dari berbagai sumber, makanan yang baik untuk sahur adalah telur. Bahan makanan ini dikenal kaya akan protein, nutrisi, dan vitamin. Itulah sebabnya telur baik untuk menjaga kesehatan, termasuk saat berpuasa. 

Meski baik untuk kesehatan, telur sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Terlalu banyak mengonsumsi telur berpotensi menyebabkan risiko darah tinggi. Selain itu sangat dianjurkan minum air putih setelah makan telur. 

Susu segar adalah makanan yang juga baik dikonsumsi saat sahur. Minum segelas susu saat sahur diyakini akan membuat tubuh kuat menjalani puasa. 

Tidak hanya susu sapi, susu kambing dan susu kedelai juga bisa menjadi alternatif. Para ahli kesehatan menyebut segelas susu mengandung 300 miligram kalsium yang cukup memenuhi kebutuhan harian. 

Sayur dan buah adalah makanan selanjutnya yang baik untuk sahur. Keduanya bisa menghindarkan tubuh dari dehidrasi atau kekurangan cairan selama berpuasa. Buah seperti apel, semangka, buah naga, dan stroberi serta sayur seperti brokoli dan tomat dianjurkan dikonsumsi saat sahur. 

Selain mengandung air, seperti sayur, dan buah juga kaya akan mineral, serat, dan antioksidan. Nutrisi tersebut juga membantu memperlambat proses penuaan dini dan mencegah sel-sel jahat yang masuk ke dalam tubuh selama puasa.

Air jahe juga sangat baik diminum saat sahur. Jahe adalah rempah-rempah yang sangat baik untuk kesehatan. Pasalnya jahe memiliki kandungan gingerol dan shogaol yang berfungsi untuk meningkatkan suhu tubuh. Itulah sebabnya jahe bisa menghindarkan tubuh dari masuk angin saat berpuasa. 

Perasan jeruk lemon juga sangat baik dikomsumsi saat sahur. Kandungan vitamin C dalam lemon mampu melancarkan pencernaan. Akibatnya racun dan sisa-sisa makanan tidak mengendap dalam tubuh. Air perasam lemon juga bisa ditambahkan madu atau kayu manis untuk mengurangi as serta menambah rasa. 

Saat sahur sebaiknya jangan mengonsumsi goreng-gorengan. Hal itu dikhawatirkan memicu kenaikan kadar kolesterol dalam tubuh. Sebaiknya makanan diolah dengan cara direbus. Meski rassnya tidak seenak gorengan, lama-kelamaan makanan direbus akan terasa nikmat di lidah.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF