Selain Indah, Bunga Teratai juga Bisa Atasi Diare, Insomnia, dan Darah Tinggi
berita
Bunga Teratai
28 February 2020 17:00
Watyutink.com – Bunga teratai dikenal sebagai tanaman unik. Pasalnya bunga ini tidak hidup diatas tanah, melainkan permukaan air. Bunga teratai kerap ditemui di kolam atau sungai berair tenang. Itulah sebabnya banyak orang yang suka melihat bunga teratai. Pasalnya selain bentuknya yang indah, memandang bunga teratai yang tumbuh di kolam air bisa membuat orang merasa rileks dan tenang.  

Selain indah, bunga teratai ternyata juga sehat. Pasalnya bunga ini memiliki kandungan zat dan nutrisi yang baik untuk baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun, banyak orang yang tidak mengetahui manfaat bunga teratai untuk kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat bunga teratai untuk kesehatan.

Beberapa ahli kesehatan herbal menjelaskan, bunga teratai memiliki kandungan nutrisi yang cukup beragam. Kandungan nutisi tersebut antara lain, karbohidrat, serat, karoten, zat besi, asam nikotinant, kalsium, protein, fosfor, dan zat besi. Sedangkan kandungan vitamin dalam bunga teratai adalah vitamin B1, B7, dan C.

Kandungan nutrisi itulah yang menjadikan bunga teratai mampu menjadi obat bagi berbagai penyakit, seperti batuk darah. Hal ini lantaran bunga yang juga disebut lotus ini memiliki kandungan asam nikotinant yang berguna menghentikan batuk dan muntah darah.

Bunga terarai juga berguna untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Itulah sebabnya bunga teratai sangat tepat dikonsumsi penderita penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Tunas bunga teratai diketahui mengandung lemak baik yang bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi. Sedangkan kandungan zat besi yang cukup tinggi dalam akar teratai diyakini bisa membantu pembentukan sel darah merah baru.

Sedangkan biji bunga teratai bermanfaat menyembuhkan bengkak dan iritasi pada mata. Hal ini lantaran bunga teratai memiliki kandungan karoten yang bermanfaat meredakan bengkak dan iritasi pada mata. Bagi penderita gangguan tidur atau insomnia, bunga teratai bisa menjadi solusi. Kandungan fosfor dan beberapa vitamin dalam bunga teratai diyakini bisa membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

Bunga teratai juga baik dikonsumsi saat terserang diare. Pasalnya rimpang bunga teratai bisa digunakan untuk menggantikan cairan tubuh yang banyak hilang saat terserang diare. Hal ini lantaran kandungan mineral dalam bungan teratai.

Ekstrak bunga teratai juga bisa menghambat penyerapan lemak dan karbohidrat dalam saluran pencernaan. Hal inilah yang menyebabkan bunga teratai juga bisa berfungsi untuk detoksiofikasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat bunga teratai, caranya cukup mudah. Ambil 10 hingga 15 gram bunga teratai, rebus dengan air hingga mendidih. Minum saat sudah hangat. Bisa juga ditambahkan madu untuk menembah rasa.

Bunga teratai juga bisa diolah menjadi jus. Caranya blender bunga teratai dengan air secukupnya dan minum secara rutin. Bunga teratai juga bisa diolah menjadi aneka menu masakan, seperti tumisan dan sayuran lainnya.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF