Sejarah Hari Ini : UNICEF Berdiri untuk Bantu Anak-anak di Seluruh Dunia
berita

11 December 2019 16:45
Watyutink.com – Hari ini, 11 November adalah hari yang sangat bersejarah bagi dunia anak-anak. Pasalnya pada hari ini, 73 tahun lalu berdirilah organisasi dunia yang khusus menangani perkembangan anak-anak. Pada 11 Desember 1946 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau United Nation (UN) mendirikan United Nations International Children's Emergency Fund (UNICEF).

Semula Majelis Umum PBB membentuk UNICEF untuk menangani dan membantu anak-anak korban Perang Dunia II. Saat itu banyak anak-anak yang tinggal di negara yang hancur akibat perang. Setelah masa itu usai, UNICEF melanjutkan tugasnya dengan memberikan bantuan bagi anak-anak di negera-

Pada dekade 1980-an, UNICEF membantu Komisi Hak Asasi Manusia PBB dalam penyusunan Konvensi Hak-hak Anak. Pada 1989, setelah dipekenalkan ke Majelis Umum PBB, Kovensi tentang Hak Anak disahkan. Konvensi ini menjadi yang terbanyak diratifikasi oleh negara anggota PBB. UNICEF diketahui memainkan peran penting dalam penegakan konvensi tersebut.

Namun negara besar, seperti Amerika Serikan (AS) justru belum meratifikasi konvensi tersebut. Selain itu negara yang kerap dilanda konflik bersenjata, Somalia juga gagal meratifiksai perjanjian tersebut. AS berdalih konvensi tersebut berdampak pada kedaulatan nasional serta hubungan anak-anak dan orang tua.

Di Indonesia, kehadiran UNICEF dirasakan sejak 1948. Saat itu UNICEF memberikan bantuan mengarasi wilayah Lombok yang mengalami kekeringan parah. Kerjasama pemerintah Indonesia saat itu dan UNICEF berhasil mengatasi situasi darurat yang terjadi berkat penanganan cepat. Kerjasama itu pun terus terjalin hingga saat ini.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)