Sejarah Hari Ini : Pesawat Tempur Angkatan Laut AS Hilang Misterius di Segitiga Bermuda
berita
Pesawat utama Fligh #19 Hilang Desember 1948 (AP)
05 December 2019 16:55
Watyutink.com – Hari ini, 5 Desember adalah salah satu hari penting bagi para pencinta dunia mistis. Selain ini hari ini juga menjadi hari bersejarah bagi Angkatan Laut Amerika Serikat. Pasalnya 74 tahun lalu lima pesawat tempur milik Angkatan Laut AS hilang secara misterius di segitiga Bermuda. Kawasan tersebut terletak di antara Kepulauan Bermuda, Puerto Rico, dan Fort Lauderdela di bagain tengah Benua Amerika.

Kejadian bermula saat lima pesawat tempur jenis torpedo-bombers, TBM Avenger bermesin tunggal terbang dari pangkalan udara Fort Lauderdale, Florida, AS pada Rabu 5 Desember 1945. Di bawah komando Letnan Charles Taylor, lima pesawat tersebut  berangkat untuk melakukan latihan rutin menjatuhkan bom dan navigasi.

Pesawat terbang sejak pukul 14.10 waktu setempat dan sempat terbang sekitar 90 menit sebelum Letnan Taylor melaporkan kompas dan alat navigasi tidak berfungsi. Taylor pun melaporkan ia dan timnya tidak tahu berada di mana. Dua jam pesawat bergerak berencana menuju Miami. Namun lantaran alat navigasi tak berfungsi, Letnan Taylor justru mengarahkan pesawat menuju Samudera Atlantik. Pangkalan angkatan laut AS di Miami sempat menerima kontak pada pukul 19.27 waktu setempat. Setelah itu armada pesawat tersebut dinyatakan hilang.

Pemerintah AS pun segera memberangkatkan Tim SAR yang dilengkapi pesawat amfibi. Anehnya Tim SAR yang diberangkatkan pun hilang bersama 13 orang penumpangnya. Tim SAR kembali memberangkatkan tim penyelamat guna mencari serpihan pesawat. Namun Letnan David White, salah satu anggota tim penyelamat mengatakan tidak menemukan apa-apa, baik serpihan pesawat, jaket, maupun pelampung.

Sejumlah sejarawan dan investigator kelautan menduga lima pesawat Angkatan Laut AS itu mengalami disorientasi di tengah cuaca buruk dan kegelapan malam. Mereka juga diyakini kehabisan bahan bakar dan mengalami kecelakaan di lautan timur Daytona Beach.

Segitiga Bermuda selama ini dikenal sebagai kawasan yang penuh dengan mitos mistis bahkan cenderung horor. Itulah sebabnya kawasan tersebut selalu dihindari, baik oleh pesawat terbang maupun kapal laut. Pasalnya dikawasan itu sejumlah kapal dan pesawat hilang secara misterius.

Wartawan kantor berita Associated Press, E.V.W. Jones mencatat sejumlah kejadian di Segitiga Bermuda. Selain peristiwa hilangnya lima pesawat Angkatan Laut AS pada 5 Desember 1945, Jones juga mencatat hilangnya pesawat komersial "Star Tiger" pada 30 Januari 1948 dalam penerbangan dari Azores ke Bermuda. Selain itu juga pesawat "Star Ariel"yang raib pada 17 Januari 1949 dalam penerbangan dari Bermuda ke Kingston, Jamaica.

Jones menyebut ‘Lautan Iblis’ Segtiga Bermuda telah memangsa 135 orang yang terbang dan berlayar di Samudera Atlantik.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)