Sejarah Hari Ini : PT Pertamina Didirikan dengan Nama Permina
berita

10 December 2019 17:00
Watyutink.com – Hari ini, 10 Desember 2019 adalah salah satu hari bersejarah bagi rakyat Indonesia. Pasalnya pada hari yang sama, 62 tahun yang lalu berdiri sebuah perusahaan yang mengelola dan mengurusi perminyakan di seluruh Indonesia, mulai dari eksplorasi, produksi hingga distribusi.

Pada 10 Desember 1957, pemerintah Indonesia mendirikan Perusahaan Minyak Nasional atau Permina. Pada 1960 perusahaan terebut berubah status menjadi Perusahaan Negara (PN), sehingga nama resminya menjadi PN Permina. Selanjutnya pada 20 Agustus 1968, PN Permina digabung dengan PN Pertamin dan berganti nama menjadi PN Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara disingkat Pertamina. Namun hari kelahiran Pertamina tetap 10 Desember mengikuti hari lahir Permina.  

Pertamina pun tumbuh dan berkembang menjadi tulang punggun penyediaan bahan bakar di Indonesia. Bahkan Pertamina pernah memonopoli pendirian Stasiun Pengisian Bahan Bakan Umum atau SPBU di Indonesia.Namun pada 2001 Pemerintah menghapis sistem monopoli tersebut.

Pada 2003, Pertamin berubah status menjadi perusahaan Perseroan Terbatas atau PT. Namanya pun menjadi PT Pertamina (Persero). Perusahaan yang semula berloga kuda laut dan bintang ini sempat masuk dalam urutan ke 122 dalam Fortune Global 500 pada 2013. Sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap pasokan bahan bakar dalam negeri, Pertamina mengoperasikan tujuh kilang minyak dengan kapasitas total 1.051,7 million barel steam per day (MBSD).

Selain itu Pertamina juga mengopersikan pabrik petrokimia dengan kapasitas total 1.507.950 ton per tahun dan pabrik Liquid Petroleum Gas (LPG) dengan kapasitas total 102,3 juta ton per tahun.

Di masa lalu, Pertamina menjadi perusahaan minyak dan gas bumi yang sangat disegani. Bahkan Petronas, perusahaan minyak milik Malaysia sempat berguru kepada Pertamina. Petronas mempelajari penerapan kontrak bagi hasil atau Production Sharing Contract atau (PSC) yang diterapkan Pertamina. Namun Petronas mampu berinovasi menyesuaikan dengan perkembangan kondisi yang ada. Sehingga saat ini kemajuan Petronas jauh melampaui Pertamina.

Selama perjalanannya, Pertamina sudah beberapakali mengalami pergantian pucuk pimpinan. Dimulai oleh Ibnu Sutowo pada 1968 hingga 1976. Saat ini perusahaan dengan logo anak panah berwarna biru, merah, dan hijau itu dipimpin Nickie Widyawati.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)