Sejarah Hari Ini : Operasi Cangkok Wajah Pertama Dilakukan di Perancis
berita
Isabelle Dinoire awal 2006 dan setelah operasi delapan bulan kemudian/ AFP
27 November 2019 17:00
Watyutink.com – Hari ini, 27 November 2019 adalah hari bersejarah dalam dunia kedokteran. Pasalnya 14 tahun lalu para dokter di Perancis berhasil melakukan operasi transplantasi wajah untuk pertamakali. Isabelle Dinoire adalah orang pertama yang menerima cangkok wajah.

Wanita 46 tahun asal Valenciennes, Perancis itu menderita luka sangat parah diwajahnya akibat gigitan anjing piarannya. Saat itu Isabelle sedang pingsan setelah minum obat tidur terlalu banyak. Anjingnya yang hendak membangunkan majikannya justru menggigit dan membuat wajahnya rusak.  Diduga anjing tersebut panik dan mengira majikannya telah mati.

Saat terbangun Isabelle mendapati mukanya sudah berlumuran darah. Hidung, pipi, dagu, dan bibirnya terkoyak. Kerusakan terparah dialami mulutnya. Ibu dua anak ini pun segera dilarikan ke rumah sakit untk menjalani perawatan. Dokter yang menanganinya menyarankan Isabelle melakukan transplantasi wajah guna mendapatkan jaringan kulit baru di muka, hidung, dan mulut.

Operasi yang pertamakali dilakukan di dunia itu akhirnya dilaksanakan pada 27 November 2005 di Centre hospitalier Universitaire Nord, Kota Amiens, Perancis. Operasi yang dilakukan oleh  Professor Bernard Devauchelle dan Professor Jean-Michel Dubernard itu berjalan sukses setelah Isabelle mendapatkan donor organ.

Meski tidak ada yang berbeda dengan penampilan barunya namun Isabella merasa ada yang berubah dengan wajahnya. Ia mendapati rambut yang tumbuh di dagunya. Kemungkinan rambut itu adalah ‘warisan’ dari pendonornya.

Namun pada April 2016 Isabelle dikabarkan meninggal dunia. Meski penyebab kematiannya masih dirahasiakan, beberapa pihak mengaitkannya dengan operasi yang dilakukan Isabelle beberapa tahun lalu. Tubuh Isabelle dikabarkan menolak transplantasi yang dilakukannya. Akibatnya Isabelle tidak bisa lagi menggerakkan mulutnya. Selain itu obat-obatan yang digunakan setelah menjalani transplantasi justru membuatnya terserang kanker.  

Di Indonesia operasi transplantasi wajah juga pernah dilakukan terhadap Siti Nur Jazila pada 28 Maret 2006. Wanita yang bisa dipanggil Lisa itu menderita kerusakan wajah akibat disiram air keras oleh suaminya sendiri, Mulyono. Operasi yang dilakukan tim dokter RSUD dr Soetomo, Surabaya ini berrmasuk mencangkokkan kulit di wajah yang diambil dari punggung.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Teguh Santoso, S.E., M.Sc.

Dosen Departemen Ilmu Ekonomi FEB Unpad, Peneliti Center for Economics and Development Studies

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir