Sejarah Hari Ini : Bawa Santos Kalahkan Vasco da Gama, Pele Cetak Gol Ke-1000
berita
Pele cetak gol ke-1000 (Foto: Istimewa)
19 November 2019 16:50
Watyutink.com – Siapa yang tak kenal Pele, pemain sepak bola asal Brasil. Semua penggemar sepak bola pasti mengenalnya. Pele dikenal dan dikenan sebagai salah satu pesepak bola legendaris dengan segudang prestasi. Salah satunya adalah persitiwa yang terjadi pada hari ini, 19 November 1969 atau 50 tahun lalu, saat Pele berhasil mencetak golnya yang ke-1000.

Gol ke gawang klub Vasco da Gama itu dicetak saat Pele memperkuat Santos berlaga di stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil. Gol bersejarah dalam karir profesionalnya itu dicetak Pele melalui titik putih dan disaksikan sekitar 65 ribu penonton. Uniknya, bukan hanya suporter Santos yang bersuka ria, pendukung Vasco da Gama yang saat itu menjad tuan rumah juga ikut merayakan gol tersebut.

Pertandingan sempat dihentikan sekitar 25 menit untuk merayakan gol ke-1000 tersebut. Gol  di pojok kiri gawang yang dijaga kiper Vasco da Gama, Edgardo Andrada itu pun dikenang di seluruh dunia. Dikutib dari situs resmi Federasi Sepak Bola Internasional atau Fédération Internationale de Football Association (FIFA), Pele mengatakan untuk pertama kali dalam karir sepak bolanya, ia merasa sangat gugup.

Terlahir dengan nama Edson Arantes do Nascimento, Pele menjelma menjadi seorang pemain sepak bola terbaik dunia. Nama ‘Pele’ didapatkan pemain kelahiran Tres Coracos, Brasil 23 Oktober 1940 itu sejal masih kecil. Tidak diketahui apa arti nama dalam bahasa Portugis tersebut.

Karir Pele sebagai pemain sepak bola dimulai klub kecil AC Bauru di Sao Paulo. Selanjutnya Pele bergabung dengan Santos, salah satu klub elite Liga Brasil sebagai penyerang kiri. Karir cemerlang membawanya masuk dalam tim nasional Brasil pada Piala Dunia 1958 saat masih berusia 17 tahun. Dua gol Pele di pertandingan final melawan Swedia menjadikan Brasil juara dunia untuk pertama kali.

Kesuksesan pemain berjuluk O Rei atau Sang Raja semakin tak terbendung setelah pada dua gelaran Piala Dunia selanjutnya, yakni 1962 dan 1970 mengantarkan Brasil menjadi juara dan merengkuh Piala Jules Rimet. Di level klub, Pele juga memberikan beberapa gelar bagi Santos, yakni enam kali juara Liga Brasil, dua gelar juara Copa Libertadores dan dua gelar juara Intercontinental Cup atau piala dunia antar klub.

Ada yang aneh dengan Pela selama menjadi pesepak bola profesional. Pasalnya pemain sehebat ia tidak pernah memperkuat klub sepak bola Eropa. Ternyata hal itu lantaran pemerintah Brasil tidak mengijinkan Pele bermain di luar negeri. Padahal setelah tampil cemerlang di Piala Dunia 1962, beberapa tim raksasa Eropa, seperti  Real Madrid, Manchester United dan Juventus mulai mengincarnya. Pemerintah menganggap Pele adalah harta karun negara yang tidak boleh bermain di luar Brasil.

Pada 1977 Pele mengumumkan pensiun dari lapangan hijau. Sepanjang karirnya Pele telah mencetak 1.281 gol dalam 1.363 pertandingan. Sebenarnya jumlah gol yang dicetak Pele lebih dari itu namun FIFA hanya mengakui 1.281 gol dan menjadikannya pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir