Sejarah Hari Ini : Albert Einstein Temukan Teori Relativitas
berita

02 December 2019 16:40
Watyutink.com – Hari ini, 2 Desember adalah hari yang sangat penting dalam dunia ilmu pengetahuan. Pasalnya pada hari ini, 104 tahun yang lalu Albert Einstein, seorang ilmuan disika teoretis memperkenalkan temuannya, yakni teori relativitas. Temuan ini diakui sebagai kemajuan luar biasa dalam ilmu teknologi terbesar di abad ke 20.

Terori relativitas dalam bahasa sederhana adalah menjelaskan hukum fisika selalu sama dan konstan di mana pun. Menurut Einstein yang membuatnya berbeda adalah sesatu yang terjadi pada ruang dan waktu. Pasalnya melalui pandangan berbeda akan menghasilkan ruang dan waktu yang berbeda pula. Semua hal itu sifatnya relatif.

Dierktur Institut Kavli Fisika Kosmologis, University of Chicago, Amerika Serikat, Michael Turner mengatakan Einstein percaya bahwa ruang dan waktu tidaklah ajeg atau konstan, melainkan sebuah fenomena yang fleksibel, relatif, dan dinamis seperti proses alam semesta lainnya.

Ruang dan waktu terjalin menjadi sebuah kontinum tunggal yang dikenal sebagai ruang-waktu atau spacetime. Peristiwa yang terjadi pada saat yang sama untuk satu pengamat dapat terjadi pada waktu yang berbeda untuk yang lain.

Einstein yang lahir di Ulm, Württemberg, Jerman, pada 14 Maret 1879 mengatakan teori relativitas adalah sebuat set yang terdiri dari dua teori fisika, yakni relativitas umum dan relativitas khusus. Kedua teori tersebut diciptakan untuk menjelaskan gelombang elektromagnetis tidak sesuai dengan teori gerakan Newton.

Gelombang elektromagnetis terbukti bergerak pada kecematan konstan atau tetap tanpa dipengaruhi gerakan orang yang mengamatinya.  Inti dari kedua teori itu adalah dua pengamat yang bergerak relatif terhadap masing-masing akan mendapatkan waktu dan interval ruang yang berbeda untuk kejadian yang sama. Tapi isi hukum fisik akan terlihat sama oleh keduanya.

Teori relativitas ciptaan Einstein yang populer dengan rumus E=MC2. Akibat teori ini, Einstein menjadi terkenal di seluruh dunia. Teori itu juga berkontribusi bagi pengembangan mekanika quantum, mekanika statistik, dan komologi. Hingga pada 1921, Einstein mendapat Penghargaan Nobel bidang Ilmu Fisika.

Pada 1999, majalah Time menobatkan Einstein sebagai person of the century. Di samping itu, sebagai bentuk penghargaan, sebuah satuan dalam fotokimia dinamai Einstein. Ada juga  sebuah unsur kimia yang dinamai Einsteinium, dan pada 2001 sebuah asteroid dinamai Einstein. Pada 18 April 1955, Einstein meninggal di Princeton,New Jersey, Amerika Serikat, pada umur 76 tahun.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir