Sejarah Hari Ini : 77 Warga Purworejo, Jawa Tengah Berangkat Transmigrasi Pertamakali
berita

12 December 2019 17:00
Watyutink.com – Hari ini, 12 Desember menjadi hari bersejarah bagi Indonesia, khususnya masyarakat yang pernah mengikuti program Transmigrasi. Pasalnya 69 tahun yang lalu untuk pertamakalinya Pemerintah Indonesia melaksanakan program transmigrasi.

Saat itu, 12 Desember 1950, 23 kepala keluarga atau sebanyak 77 jiwa warga, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah ditransmigrasikan ke Kecamatan Sukadana, Kabupaten Lampung Timur. Selain itu ada pula dua kepala keluarga yang ditransmigrasikan ke Lubuk Linggau, Sumatera Selatan.

Transmigrasi sebenarnya sudah dilakukan sejak masa penjajahan Belanda. Saat itu di tahun 1905, 155 kepala keluarga dari Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dipindahkan ke Gedong Tataan, Lampung. Saat itu pemindahan ini masih bernama kolonisasi yang berlangsung selama sekitar 37 tahun.

Tujuan pemerintah kolonial Belanda melakukan transmigrasi adalah untuk mendapatkan tenaga kerja murah. Para transmigran itu dipekerjakan di perkebunan milik Belanda di luar Pulau Jawa. Bukan hanya diwilayah Nusantara, pemeritah kolonial Belanda juga memindahkan penduduk Pulau Jawa ke beberapa wilayah jajahan di Amerika Latin, seperti Suriname.

Hingga saat ini masih banyak ditemukan warga negara Suriname keturunan Jawa. Tercatat sekitar 15 persen atau 72 ribu warga Suriname adalah keturunan Jawa. Bahasa dan budaya Jawa, seperti gamelan pun masih dilestarikan di negara yang berada di wilayah utara Amerika Latin itu.

Sedangkan di masa kemerdekaan, transmigrasi dimaksudkan untuk mengurangi kepadatan penduduk di Pulau Jawa dan Bali. Selain itu program transmigrasi juga dimaksudkan untuk meratakan kesejahteraan masyarakat. Itulah sebabnya melalui dengan Keputusan Menteri Transmigrasi tanggal 23 Nopember 1984, 12 Desember ditetapkan sebagai Hari Bhakti Transmigrasi.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)