Sehatkan Gigi, Kulit, Cegah Kanker, Hipertensi, dan Insomnia dengan Air Rebusan Serai
berita
Sumber Foto : istimewa
30 June 2021 16:15
Watyutink.com – Salah satu tanaman yang  banyak dimanfaatkan sebagai bumbu dapur adalah serai. Tanaman yang juga disebut sere ini biasanya digunakan untuk membuat tongseng, opor, soto, gulai, brongkos, kare dan masakan lainnya. Serai diyakini mampu menambah rasa dan menjadikan aroma masakan lebih menggoda selera.

Selain untuk masakan, serai juga sering diolah menjadi minuman, seperti bandrek, bajigur, sorbat dan minuman panas lainnya. Sama seperti makanan, penambahan serai akan menjadikan minuman hangat lebih sedap saat dinikmati.

Selain membuat makanan dan minuman lebih nikmat, tanaman yang mirip daun bawang ini juga berguna untuk kesehatan. Hal ini lantaran serai kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Itulah sebabnya serai  sudah lama dimanfaatkan untuk berbagai ramuan tradisional dan obat-obatan herbal. Manfaat serai bagi kesehatan tak lepas dari kandungan nutrisi yang dimilikinya.

Tahukah Anda apa saja manfaat serai untuk kesehatan?

Serai atau sereh adalah tanaman yang masuk dalam keluarga rumput-rumputan. Beberapa penelitian yang pernah dilakukan membuktikan, serai memiliki kandungan nutrisi yang cukup beragam. Nutrisi tersebut antara lain, vitamin B, magnesium, kalium, dan zat besi. Hal inilah yang membuat serai bisa digunakan untuk menjaga kesehatan.

Serai diketahui berguna untuk kesehatan gigi Berdasarkan catatan kesehatan yang diumumkan oleh Journal of Clinical and Diagnostic Research, serai mengandung 12 jenis herbal yang berguna mencegah pertumbuhan bakteri penyebab kerusakan gigi, salah satunya Streptococcus sanguinis.

Cara mendapatkan manfaat serai untuk gigi sangat mudah. Ambil serai secukupnya lalu kunyah. Bisa juga dicampurkan ke dalam masakan atau minuman.

Bagi para wanita, serai berguna untuk meringankan gejala pra menstruasi (PMS). Seringkali sebelum datang bulan, wanita menderita gejala seperti nyeri, kram dan kembung. Mengonsumsi teh serai diyakini mampu mengatasi kondisi tidak nyaman tersebut. Terutama jika diminum dalam kondisi hangat.

Selain itu serai juga bisa digunakan sebagai aromaterapi yang mampu mengatasi rasa cemas. Selain itu, serai juga dipercaya dapat mencegah keputihan, meredakan rasa sakit, bengkak, demam, batuk, sakit perut, dan sakit kepala.

Rutin mengonsumsi teh serai diyakini juga berguna untuk mengontrol tekanan darah. Pasalnya serai memiliki kandungan mineral kalium. Itulah sebabnya serai bermanfaat untuk mencegah penyakit darah tinggi atau hipertensi.

Kandungan kalium ditambah magnesium dalam sereh bermanfaat untuk menjaga kesehatan fungsi otot, jantung, dan saraf. Selain itu kandungan kedua mineral tersebut juga bermanfaat menjaga kesehatan tulang.

Manfaat serai bagi kesehatan juga bisa diperoleh dengan menjadikannya campuran untuk mandi. Pasalnya air rebusan serai diyakini mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kebugaran tubuh.

Selain itu mandi dengan air serai akan menjadikan tubuh lebih rileks. Serai sudah lama dikenal sebagai salah satu bahan untuk aroma terapi. Aroma serai yang segar mampu merelaksasi pikiran dan badan. Hal ini lantaran kandungn nutrisi, seperti magnesium, potasium, fosfor, dan antioksidan.

Kandungan  antioksidan, mineral, dan nutrisi dalam serai berguna untuk menenangkan otot-otot yang kejang. Selain itu gangguan kesehatan seperti nyeri sendi juga bisa disembuhkan dengan rutin mandi menggunakan air rebusan serai.

Mandi dengan air serai juga mampu menyembuhkan gejala insomnia atau susah tidur serta melancarkan peredaran darah. Itulah sebabnya rutin mandi menggunakan air rebusan serai berguna mencegah penyakit darah tinggi atau hipertensi.

Selain itu menggunakan air rebusan serai untuk mandi juga berguna menjaga kesehatan kulit. Air rebusan serai akan membuat kulit terlihat lebih lembuh dan cerah. Selain itu mandi dengan air rebusan serai juga mampu membuang kotoran dan bakteri dari dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaatntya, caranya sangat sederhana, siapkan dua batang serai segar. Memarkan lalu rebus dengan empat liter air sampai mendidih. Tunggu sampai menjadi hangat dan gunakan air rebusan serai itu untuk mandi.

Sedangkan jika diolah menjadi minuman, khasiat serai juga tak kalah dahsyat. Siapkan sebatang serai segar, lalu potong menjadi tiga bagian, lalu memarkan. Rebus 250 mililiter air hingga mendidih dan gunakan untuk menyeduh teh. Campurkan potongan serai kedalam air teh dan diamkan sekitar lima menit.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF