Sebaiknya Jangan Minum Teh dan Merokok Setelah Makan, Benarkah? Ini Penjelasannya
berita
Ilustrasi/ Net
06 November 2021 08:00
Watyutink.com - Minum segelas teh hangat setelah makan adalah sesuatu yang lumrah. Bahkan sebagian orang menjadikannya sebagai kebiasaan. Selain itu merokok juga menjadi kegiatan yang biasa dilakukan setelah makan. 

Padahal minum teh hangat dan merokok sebenarnya adalah kegiatan 'terlarang' dilakukan setelah makan. Para ahli menyebut kegiatan tersebut berbahaya. Selain minum teh dan merokok ada pula beberapa kegiatan yang sebaiknya tidak dilakukan setelah makan.

Tahukah Anda, apa saja kegiatan yang harus dihindari setelah makan? 

Laman Bright Side, menyebut ada lima kegiatan yang tak boleh dilakukan setelah makan. Salah satunya adalah mandi. Saat mandi, suhu tubuh kita menjadi naik. Tubuh pun mengirim  darah yang lebih banyak ke kulit dibanding biasanya. 

Jika mandi dilakukan setelah makan maka dapat merusak proses pencernaan dan memperlambat metabolisme. Sebaiknya tunggu hingga setidaknya 30 menit setelah makan.

Banyak orang menganggap minum teh hangat setelah makan dapat menambah kenikmatan. Padahal sebenarnya hal ini sangat tidak disarankan. 

Beberapa studi menunjukkan minum teh setelah makan dapat mengganggu penyerapan zat besi oleh tubuh. Padahal zat besi adalah mineral yang sangat penting bagi tubuh manusia.

Anak-anak, ibu hamil dan orang-orang yang kekurangan zat besi disarankan menghindari minum teh sesudah makan, paling tidak hingga satu jam sesudahnya. Sebaiknya minum air putih setelah makan. Selain menyegarkan, air putih juga lebih menyehatkan. 

Setelah makan kita juga dianjurkan tidak langsung tidur. Sebabnya tidur dengan perut kenyang bisa menyebabkan heartburn atau rasa panas di dada, sendawa dan asam lambung naik.

Bahkan langsung tidur setelah makan diyakini meningkatkan risiko stroke. Sebaiknya tidur dilakukan dua jam setelah makan.

Olah raga adalah kegiatan yang harus dihindari setelah makan. Pasalnya, hal itu bisa menimbulkan ketidaknyamanan seperti cegukan, mual, peningkatan risiko trauma dan kejang.

Tunggulah hingga dua jam setelah makan, barulah berolah raga. Namun sebaiknya lakukan olah raga ringan terlebih dahulu seperti jalan kaki.

Banyak orang merokok setelah makan. Padahal ini adalah tindakan yang sangat berbahaya. Setelah makan, hampir semua sistem dalam tubuh bekerja untuk proses pencernaan aktif. Jika saat itu seseorang merokok maka tubuh akan menyerap nikotin akan dua kali lipat. Tentu saja hal ini sangat berbahaya. 

Tembakau juga bisa menghambat penyerapan vitamin dan mineral, seperti kalsium, vitamin C dan D. Sebaiknya berhentilah merokok sepenuhnya. 

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF