Sayuran Hidroponik, Mudah Menanamnya Banyak Manfaatnya bagi Kesehatan
berita
Sumber Foto : liputan6.com
21 May 2019 16:45
Watyutink.com – Saat ini bertanam sayur dan buah menggunakan metode hidroponik sedang digemari. Berbagai kalangan sedang giat menggalakkan pertanian hidroponik. Mulai dari yang hanya sekedar iseng dan coba-coba sampai yang benar-benar serius dan memasarkan hasilnya.

Bercocok tanam secara hidroponik memang cocok diterapkan, terutama di perkotaan. Pasalnya pertanian hidroponik tidak membutuhkan tanah  untuk menanam aneka sayur dan buah. Pertanian hidroponik menggunakan air sebagai media tanam.

Namun meski tidak ditanam di tanah, bukan berarti kualitas sayur hidroponik kalah dengan sayur hasil pertanian konvensional. Beberapa ahli  bahkan menyebut tanaman hidroponik memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat sayuran hidroponik?

Sayuran hidroponik diketahui mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan. Pasalnya sayuran hidroponik kaya akan kandungan vitamin C dan B Kompleks. Selain itu sayuran hidroponik kaya akan zat besi , tinggi kandungan serat, dan rendah kalori. Sayuran hidroponik juga kaya akan beta karoten yang bermanfaat untuk kesehatan mata.

Salah satu manfaat sayuran hidroponik bagi tubuh adalah sebagai sumber asupan air. Sayuran yang ditanaman menggunakan teknik hidroponik memang dikenal memiliki kandungan air yang lebih banyak dibanding sayuran yang ditanam di tanah. Hal ini lantaran, hidroponik menggunakan air sebagai media tanam.

Itulah sebabnya mengkonsumsi sayuran hidroponik dapat mengindarkan tubuh dari kekurangan cairan atau dehidrasi. Selain itu buang air kecil jadi lebih lancar. Akibatnya tubuh terbebas dari serangan penyakit.

Sayuran hidroponik juga bisa mencegah kerusakan sistem syaraf yang bisa berakibat fatal. Sistem syaraf bisa rusak lantaran berbagai sebab, seperti trauma atau akibat tekanan psikologis. Kerusakan syaraf bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti epilepsi dan stroke. Mengkonsumsi sayuran hidroponik diyakini dapat menyehatkan sistem syaraf.

Sayuran hidroponik juga dapat mencegah penyakit gula darah. Pasalnya mengkonsumsi sayuran hidroponik dapat menurunkan kadar trigliserida yang seringkali menumpuk di pembuluh darah. Sayuran hidroponik dapat membersihkan pembuluh darah dari akumulasi zat trigliserida.

Di dalam tubuh terdapat lemak jahat atau LDL yang jika jumlahnya berlebihan bisa menyumbat pembuluh darah. Sayuran hidroponik diketahui mengandung lemak baik atau HDL yang bisa membuang lemak jahat. Itulah sebabnya mengkonsumsi sayuran hidroponik sangat bermanfaat untuk kesehatan pembuluh darah.

Sayuran hidroponik juga bisa memperkaya asam amino essensial dalam tubuh. Asam amino assensial adalah protein utama dalam tubuh manusia yang tidak diproduksi dalam tubuh. Itulah sebabnya menkonsumsi sayuran hidroponik dipercaya dapat menyehatkan tubuh manusia.

Selain itu sayuran hidroponik juga kaya akan protein yang dapar membentuk sel tubuh. Mengkonsumsi sayuran hidroponik diyakini dapat mempercepat pergantian sel mati menjadi sel baru.

Selain beragam manfaat tersebut, mengkonsumsi sayuran hidroponik juga mempunyai fungsi lain, seperti melancarkan pencernaan dan mengobati radang tenggorokan. Selain itu sayuran hidroponik juga berfungsi sebagai antibiotik dan anti depresan.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Salamudin Daeng

Anggota Institute Sukarno for Leadership Universitas Bung Karno (UBK)

Defiyan Cori, Dr.

Ekonom Konstitusi

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir