Sayur Rebung, Sehatkan Jantung, Cegah Kanker, Hingga Turunkan Berat Badan
berita
sumber Foto : kumparan.com
19 October 2019 16:05
Watyutink.com – Rebung sejatinya adalah tunas bambu muda yang muncul dari dalam tanah dan berasal dari akar bambu. Rebung tidak hanya lezat namun juga kayak nutrisi. Secara umum rebung mengandung vitamin A, B6, C, E, folat, niasin, riboflavin, tiamin, asam pantotenat, selenium, kalium, magnesium, natrium, kalsium, fosfor, seng, mangan, besi, dan tembaga. Selain itu dalam 100 gram rebung mentah mengandung protein 2,6 persen, lemak 0,3 persen, karbohidrat 5,2 persen, dan air 91 persen.

Tahukah Anda manfaat dari sayur rebung?

Baca Juga

Rebung termasuk sayuran rendah kalori, karbohidrat, gula tapi tinggi serat. Dalam 100 gram rebung mengandung 6-9 gram serat. Serat mampu menunjang kelancaran sistem pencernaan dan menjaga kondisi usus agar tetap sehat. Sayur rebung sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

Kandungan fitonutrien dan fitosterol dalam rebung dipercaya mampu menurunkan kadar lemak jahat dalam darah. Turunnya kadar lemak jahat dalam darah secara tidak langsung dapat menjaga kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

Beberapa penelitian menunjukan rebung mengandung pitosterol seperti flavon, amilase, dan klorofil. Klorofil menunjukan sifat mampu mengendalikan kanker. Selain itu kandungan zat alami fitokimia dalam rebung dipercaya mampu mencegah kanker dan mengurangi pengerasan pada arteri. Tidak berhenti disitu, kandungan lignan dalam rebung dapat melawan kanker, bakteri, jamur dan virus.

Kandungan vitamin, mineral serta antioksidan yang tinggi pada rebung sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu kandungan vitaminnya mampu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

(GD)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah             Sektor UKM Masih Bisa Diandalkan             Masih Harus Banyak Dilakukan Pembenahan             Tantangan Besar Meningkatkan Tenaga Kerja Menjadi SDM Berkualitas             Ironi yang Tak Pantas Dibiarkan Berulang             Pemerintah Harus Tunjukan Penggunaan Utang  Secara Produktif