Sayur Pagoda, Tanaman Cantik dengan Beragam Manfaat Kesehatan
berita

25 September 2019 17:20
Watyutink.com – Apa yang terbayang dalam benak Anda ketika disebut nama Pagoda. Pasti terbayang bangunan dengan atap bertumpuk yang menjadi tempat suci bagi pemeluk agama Budha. Pagoda banyak ditemukan di Thiland, Myanmar, Kamboja, dan China.

Ternyata pagoda bukan hanya nama bangunan. Ada tanaman yang juga bernama Pagoda. Tanaman ini diketahui mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan. Pasalnya tanaman ini diyakini mengandung beragam senyawa dan zat yang untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan tubuh.

Tahukah Anda, apa saja manfaat tanaman pagoda.

Tanaman pagoda atau yang juga disebut takecai ini adalah salah satu jenis sayur sawi. Bentunya yang bulat dengan daun bertumpuk menyebabkannya disebut pagoda.  Sayuran ini dikenal memiliki kandungan senyawa yang cukup banyak, seperti alkaloid, kalium, iodium, dan zat samak. Selain itu sawi pagoda juga kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin E, vitamin K, asam folat, dan asam glukosinolat.

Kandungan senyawa tersebut menyebabkan sawi pagoda bermanfaat mengatasi berbagai penyakit, salah satunya adalah gondok. Pasalnya takecai memiliki kandungan iodium yang dapat menyembuhkan penyakit gondok. Itulah sebabnya tanaman ini bisa menjadi obat alternatif bagi penderita gondok.

Sawi pagoda juga bisa menjadi alternatif pengobatan penyakit tubercolosis (TBC). Senyawa yang terkandung dalam sawi pagoda diyakini dapat menetralkan anti radang yang memiliki efek tidak baik bagi paru-paru. Manfaat ini banyak terdapat pada bagian akar sawi pagoda.

Bagi para wanita, sawi pagoda juga menjadi obat keputihan. Pasalnya tanaman cantik ini memiliki kandungan anti bakterial yang mampu membunuh bakteri jahat dan membersihkan area vital wanita.  

Sawi pagoda juga bisa membantu penderita gangguan tidur atau insomnia. Sawi pagoda diketahui memberikan rasa nyaman dan dingin yang membuat tubuh rileks. Hal ini diyakini bakal membuat tidur lebih mudah dan nyenyak. Caranya, ambil sayur pagoda secukupnya, tumbuk hingg halus dan menjadi serbuk. Seduh dengan air hangat dan minum malam hari sebelum tidur.

Sawi pagoda juga bisa menjadi obat bagi penderita penyakit hermonoid, seperti wasir. Pasalnya sawi pagoda memiliki khasiat anti radang yang bisa mengatasi wasir. Caranya ambil sawi pagoda cuci bersih. Olah menjadi tumis dan gunakan sebagai lauk makanan. Bisa juga ditambahkan bahan lain sebagai penambah rasa.

Sawi pagoda juga bisa dioleh menjadi jus dan dimasukkan sebagai menu minuman sehari-hari. Jus sawi pagoda diyakini dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Eko Listiyanto

Peneliti INDEF (Institute for Development of Economics and Finance)

FOLLOW US

Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS             Harus Disadari, Ada Akar Masalah yang Tidak Diselesaikan             Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah             Sektor UKM Masih Bisa Diandalkan             Masih Harus Banyak Dilakukan Pembenahan             Tantangan Besar Meningkatkan Tenaga Kerja Menjadi SDM Berkualitas