Sayur Kecipir, Selain Enak Dimakan, Nutrisinya Bisa Jaga Kesehatan Mata, Tulang, Cegah Diabetes dan Stres
berita
Sayur Kecipir
20 October 2020 06:00
Watyutink.com – Salah satu sayuran yang banyak dimakan orang Indonesia adalah kecipir. Sayuran hijau berbentuk panjang pipih ini bisanya digunakan sebagai lalapan. Selain itu kecipir juga sering dinikmati sebagai salah satu sayur dalam nasi pecel atau makanan tradisional lainnya. Rasanya yang segar sangat menggoda selera, ditambah dengan teksturnya yang agar keras mencitakan sensasi saat mengigit dan mengunyahnya.

Ternyata sayur kecipir bukan hanya segar dan enak dimakan. Sayur ini juga sehat lantaran memiliki beragam kandungan gizi. Berbagai nutrisi itu terutama terdapat pada biji kecipir.

Tahukah Anda, apa saja manfaat kecipir untuk kesehatan?

Manfaat pertama sayur kecipir adalah untuk kesehatan mata. Sayur kecipir diketahui kaya akan kandungan vitamin A, terutama bagian polong mudanya. Dalam 100 gram kecipir segar terkandung hampir 600 miligram vitamin A. Itulah sebabnya mengonsumsi sayur kecipir sangat baik untuk menjaga kesehatan indra pengelihatan.

Kandungan vitamin A tinggi dalam kecipir juga bermanfaat menjaga kesehatan kulit. Pasalnya, selain memlihara kesehatan mata, kandungan  vitamin A juga menjadikan kecipir mampu memelihara jaringan epitel dan kulit agar tetap sehat. Kecipir juga berfungsi untuk mempercepat proses pembentukan sel kulit baru. Kecipir juga mampu mengecilkan lubang pori-pori di kulit.

Sayur kecipir juga kaya akan kandungan kalsium dan fosfor. Dua mineral tersebut sangat berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Dalam 100 gram biji kecipir terdapat 80 miligram kalsium dan 200 miligram fosfor. Pertumbuhan tulang dan gigi diyakini akan semakin baik jika rutin mengonsumsi sayur kecipir.

Sayur kecipir juga sangat bermanfaat manjaga sistem imun atau kekebalan tubuh. Pasalnya sayur ini mengandung protein yang memiliki kandungan asam amino esensial yang sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh. Kandungan asam amino dalam kecipir jumlahnya setara dengan protein yang ada dalam kacang kedelai.

Nutrisi lain yang juga terkandung dalam kecipir adalah vitamin C. Hal ini menjadikan kecipir memiliki fungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Dalam 100 gram kecipir terkanding 19 miligram vitamin C. Hal ini juga menjadikan kecipir mampu mengatasi rasa stres. Pasalnya zat antioksidan juga berguna mengatasi stres.

Kecipir juga rendah kandungan kalori namun tinggi kandungan serat. Hal ini menjadikan sayur kecipir berrmanfaat membantu menurunkan berat badan. Mengonsimsi kecipir akan menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama. Sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil atau makan makanan lainnya. Itulah sebabnya berat badan bisa terjaga.

Kecipir juga baik dikonsumsi penderita diabetes atau kencing manis. Pasalnya kecipir juga mengandung vitamin D. Paduan antara vitamin D dan kalsium diyakini bermanfaat mencegah munculnya penyakit diabetes. Mengonsumsi kecipir akan mengoptimalkan metabolisme glukosa dalam tubuh. Paduan antara vitamin D dan kalsium juga memberikan dampak baik pada organ pankreas. Akibatnya tubuh bisa mengelola sekresi insulin dan menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF