Sayur Buncis, Murah Harganya Banyak Manfaatnya
berita

17 February 2019 17:05
Watyutink.com - Bagi sebagian besar masyarakat, sayur buncis tentu sudah tidak asing lagi. Selain harganya yang relatif murah, sayuran ini juga mudah diperoleh. Hampir semua pedagang sayur pasti menjualnya.

Sayuran yang mirip kacang panjang ini biasanya diolah dengan dijadikan campuran sup atau ditumis. Kadang buncis juga bisa dinikmati dengan cara direbus atau dikukus.

Selain rasanya yang enak, ternyata buncis juga banyak mengandung nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja kandungan gizi dalam buncis dan apa saja manfaatnya? 

Buncis memang dikenal sebagai sayuran yang kaya akan vitamin, seperti vitamin C, K, dan A. Sedangkan kandungan nutrisi yang terkandung dalam buncis adalah karbohidrat, protein, folat, kalsium, mangan, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan zinc. Selain itu buncis juga kaya akan serat. 

Penelitian yang dilakukan para ahli menyatakan bahwa dalam 100 gram buncis terdapat terdapat kandungan nutrisi berupa 35 kalori, 3 gram serat, 2 gram protein, 5 miligram karbohidrat, 12 miligram vitamin C, 43 mikrogram vitamin K, 33 mikrogram folat dan 690 IU vitamin A.

Itulah sebabnya buncis dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya dapat menyehatkan jantung. 

Kandungan serat dan antioksidan dalam buncis bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi makanan sehat, seperti buncis dan kacang-kacangan memiliki risiko yang kebih rendah terserang penyakit jantung.

Selain itu buncis juga dapat menyehatkan sistem pencernaan. Pasalnya buncis banyak mengandung karbohidrat kompleks dan serat yang dapat merangsang pergerakan usus dan mencegah sembelit. 

Buncis juga baik dikonsumsi untuk orang yang sedang menjalani diet. Buncis adalah sayuran rendah kalori dan tidak mengandung lemak, namun tinggi serat. Sehingga dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. 

Sementara vitamin C pada buncis berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, meningkatkan kekebalan tubuh, dan membantu pembentukan kolagen. Sedangkan vitamin A dalam buncis bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, organ reproduksi, serta memperkuat sistem imun dan mencegah kanker. 

Vitamin K dalam buncis berperan penting dalam pembekuan darah dan pembentukan tulang sera melindunginya dari osteoporosis. 

Di samping berbagai manfaat di atas, buncis juga baik untuk menu diet, terutama bagi penderita diabetes, karena tidak mengandung lemak, tinggi serat, dan memiliki indeks glikemik yang rendah.

 

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

FOLLOW US

Polisi Tunduk Pada Hukum             Inovasi Kebijakan yang Tidak Menjual             Kebijakan Tergantung Tujuan Awalnya             Kebaya Tak Perlu Dipertanyakan             Penggalian Nilai Budaya Dibalik Kebaya             Berkebaya Adalah Kesadaran             Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?