Sayur Bendi, Tanamam Berbentuk Unik yang Dapat Sembuhkan Wasir, Diabetes, Asma dan Cegah Kanker
berita
Sayur Bendi
16 October 2020 08:00
Watyutink.com - Banyak diantara kita yang tidak mengenal sayur bendi. Meski mungkin jika melihat bentuknya, kita bakal mengenalnya. Sayur bendi selama ini sering dimasak menjadi tumisan, sayur kari atau balado. 

Ternyata sayur bendi tidak hanya enak dimakan tapi juga sehat. Pasalnya sayur dengan bentuk unik ini kaya akan mineral dan vitamin yang beanfaat untuk kesehatan.

Tahukah Anda apa saja manfaat sayur bendi?

Sayur bendi sangat mudah dikenali lantaran bentuknya yang khas. Mirip dengan cabai hijau namun permukannanya tidak bulat rata melainkan berlekuk memanjang. Sekilas juga mirip tanduk atau kuku binatang buas. Teksturnya mirip dengan terong dengan biji-biji kecil di dalamnya.

Di beberapa daerah sayur ini juga dikenal dengan sebutan okra. Diketahui kaya akan kandungan vitamin, kalsium, fosfor, serat, magnesium, protein, dan folat. Itulah sebabnya sayur bendi berkhasiat bagi tubuh manusia.

Khasiat pertama sayur bendi adalah membantu mengatasi masalah pencernaan. Terutama untuk penyerapan makanan dalam tubuh. Gangguan penyerapan makanan dalam pencernaan bisa mengganggu asupan makanan yang diperlukan untuk kesehatan. Bila mengalami masalah pencernaan tak ada salahnya mengonsumsi sayur bendi.

Sayur okra juga baik dikonsumsi penderita diabetes atau kencing manis. Pasalnya sayur bendi berkhasiat menjaga kadar gula darah tetap stabil. Namun akan lebih baik jika disertai dengan menjaga asupan makanan dan menghindari konsumsi gula berlebih. Hal ini agar kondisi kesehatan tetap terjaga dengan baik.

Sayur okra juga sumber antioksidan yang sangat baik dan bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Fungsi antioksidan membuat sayur okra berguna menangkal efek negatif radika bebas yang memicu penyakit kronis, termasuk kanker.

Sayur bendi juga memiliki efek hepatoprotektif yang dapat melindungi organ hati dan jantung dari kerusakan akibat peradangan atau radikal bebas. Senyawa antioksidan dan serat yang dimiliki sayur bendi berguna membantu proses detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari dalam hati dan jantung. Itulah sebab itu manfaat okra untuk kesehatan adalah melindungi hati dan jantung.

Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam sayur okra juga bermanfaat bagi penderita asma. Rutin mengonsumsi sayur bendi berguna membantu mengurangi serangan asma secara aktif.

Sayur bendi juga mampu meringankan penyakit wasir atau ambeien. Bahkan mengonsumsi sayur bendi dirasa lebih aman dibandingkan menggunakan obat-obatan kimia. Pasalnya obat kimia memiliki efek samping yang bisa jadi berbahaya.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF