Sakit Pinggang? Sembuhkan dengan Rambut Jagung, Jahe, Kunyit, dan Bawang Merah
berita
Ilustrasi/ Net
26 March 2021 06:00
Watyutink.com - Pernahkah Anda mengalami, saat sedang bekerja, berolah raga, atau aktivitas lainnya, tiba-tiba pinggang terasa sakit. Aktivitas pun terhenti seketika. Jangankan beraktivitas, berdiri atau bergerak sedikit saja, pinggang terasa sangat sakit.

Sakit pinggang adalah salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami orang Indonesia. Penyebabnya pun bermacam-macam. Aktivitas fisik seperti bekerja atau olah raga berisiko menyebabkan sakit pinggang.

Kegiatan mengangkat benda atau beban juga berisiko menyebabkan sakit pinggang. Terutama jika posisi badan sedang tidak tepat. Selain itu cedera lainnya, seperti terkilir, salah urat, dan nyeri otot juga bisa terjadi akibat kondisi tersebut.

Saat terkena sakit pinggang, apa yang Anda lakukan? Biasanya orang akan langsung mengatasinya dengan obat-obatan, baik obat oles maupun koyo tempel. Padahal sejatinya sakit pinggang bisa diatasi menggunakan bahan alami atau herbal.

Tahukah Anda, apa saja bahan herbal untuk mengatasi sakit pinggang?

Ada beragam bahan alami yang bisa diolah menjadi obat sakit pinggang. Salah satunya menggunakan rambut jagung. Baham yang sering dibuang dan dianggap sampah ini ternyata kaya akan kandungan nutrisi yang berguna bagi kesehatan. Nutrisi tersebut antara lain, protein, karbohidrat, dan serat.

Selain itu rambut jagung juga mengandung vitamin B, vitamin C, vitamin K, dan minyak atsiri. Sedangkan kandungan mineral dalam rambut jagung asalah natrium, seng, kalium, kalsium, magnesium, dan zat besi. Ada pula senyawa alkaloid, saponin, tanin, flavonoid, antosianin, protokatekin, dan vanilic acid.

Kandungan nutrisi tersebut menjadikan rambut jagung berguna mengobati sakit pinggang. Caranya, siapkan rambut jagung, cuci sampai bersih. Rebus bersama jahe merah, adas, dan buah takokak dengan air secukupnya. Setelah mendidih angkat, saring dan minum selagi hangat.

Jahe juga ampuh mengobati sakit pinggang. Pasalnya jahe memiliki kandungan phytochemical yang mampu mengatasi nyeri sendi dan otot. Phytochemical juga berguna menghentikan peradangan, sehingga bisa menjadi obat sakit pinggang alami.

Untuk mendapatkan manfaat jahe caranya, ambil jahe sebesar ibu jari orang dewasa, cuci bersih lalu iris tipis. Siapkan beberapa buah cabe rawit yang sudah dibuang tangkainya. Campur irisan jahe dan cabe rawit dengan alkohol 75 persen. Biarkan selama dua pekan hingga mengalami fermentasi. Setelah itu, oleskan bagian pinggang yang terasa sakit atau nyeri dengan menggunakan ramuan tersebut.

Bawang merah juga bisa menjadi obat sakit pinggang dan nyeri punggung. Bawang merah mengandung komponen aktif seperti flavanoid, glikosida, alkaloid, fenolik, steroid, dan zat tannin yang bermanfaat bagi kesehatan.

Untuk membuat ramuan obat sakit pinggang, siapkan akar bawang merah, jahe merah, dan angco atau kurma cina. Rebus dengan air secukupnya sampai mendidih dan air tersisa setengahnya. Minum ramuan tersebut selagi masih hangat untuk meredakan sakit pinggang.

Kunyit juga bermanfaat mengatasi sakit pinggang. Kandungan kurkumin dalam kunyit memiliki manfaat antiradang yang berguma meredakan nyeri sendi. Itulah sebabnya kunyit sudah lama diolah menjadi obat sakit pinggang.

Cara membuat ramuan kunyit sangat mudah. Rebus kunyit, akar jahe, dan tanaman jenggot dengan air secukupnya. Biarkan sampai mendidih lalu angkat. Tunggu sampai hangat, saring dan minum ramuan tersebut secara rutin pagi dan sore.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI