Rutin Minum Jus Timun, Jadikan Tubuh Awet Muda, Cegah Hipertensi, dan Kanker Prostat
berita
Jus Timun
21 November 2020 16:25
Watyutink.com - Timun atau mentimun adalah buah yang sangat poluper. Buah yang sering dianggap sayur ini hampir selalu tampil dalam berbagai acara dan kesempatan. Timun kerap tampil menemani berbagai menu masakan, ayam goreng, ikan bakar, dan sebagainya. Timun juga disajikan dalam bentuk rujak, acar, atau salad.

Tapi yang paling sering, timun dikonsumsi sebagai lalapan. Rasanya yang segar dengan tekstur keras tapi renyah membuat orang tak ingin melewatkan memakannya.

Ternyata timun tidak hanya enak dijadikan sebagai makanan pelangkap. Pasalnya buah ini dikenal banyak memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Tahukah Anda, apa saja manfaat timun bagi kesehatan?

Timun mempunyai nama latin curcumis sativus diketahui memiliki kandungan protein sebesar 0,65 persen, lemak 0,1 persen, dan karbohidrat 2,2 persen. Sedangkan kandungan mineral dan vitamin yang terkandung dalam timun adalah kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, C dan K.

Kandungan nutrisi tersebut menjadi timun dapat membantu meningkatkan kesehatan manusia. Salah satunya untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin A, B, dan C serta air berguna menjaga kulit tetap sehat, kencang, dan kenyal.

Timun juga bisa mendorong pembentukan kolagen, bahan utama agar kulit terlihat kenyal dan awet muda. Selain itu, kandungan air di dalamnya berguna meluruhkan racun dan dari kulit.

Biasanya timun diolah menjadi masker wajah. Namun untuk menjaga kesehatan kulit, timun juga bisa dioleh menjadi jus. Siapkan satu buah timun ukuran sedang dan satu buah apel merah. Blender bersama es batu secukupnya. Setelah halus tambahkan
dua sendok makan madu murni. Minum secara rutin.

Bisa juga dengan menjadikan timun sebagai infused water. Caranya potong timun lalu rendam dalam sebotol air. Biarkan sampai paling lama enam jam. Minum air rendaman timun secara teratur. Bisa juga dengan menyimpannya terlebih dahulu dalam lemari pendingin. Selain menyehatkan kulit, infused water timun juga bermanfaat menjaga tubuh dari dehidrasi atau kekurangan cairan.

Timun juga dikenal mengandung silikon, fluorin, dan kalium, dan memiliki kadar kalori yang rendah. Hal ini menjadikan timun bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal. Selain itu timun dapat merangsang ginjal dalam menjalankan fungsinya membuang sisa metabolisme dan lemak dalam tubuh.

Peras buah timun yang masih segar dan minum secara rutin setiap hari. Lakukan hingga perut terbiasa menerima asupan cairan timun.

Timun juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini lantaran timun memiliki kandungan lignan dan cucurbitacun yang mampu melindungi tubuh dari serangan kanker. Sebuah penelitian membuktikan kandungan flavonoid dalam timun mampu menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.

Timun juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini lantaran timun mengandung kalium yang dapat mengatur kadar garam atau sodium. Penyakit hipertensi biasanya muncul akibat kadar garam yang terlalu tinggi dalam tubuh. Itulah sebabnya rutin mengonsumsi air campuran timun dapat menjaga kestabilan tekanan darah.

Timun juga bisa melindungi saluran pencernaan. Hal ini karena timun memiliki kandungan serat yang tidak larut. Kadungan serat dan air dalam timun dapat membantu tubuh mencerna makanan dengan lebih cepat. Itulah sebabnya timun juga membantu mencegah sembelit atau susah buang air besar.

Mengonsumsi timun juga baik bagi ibu hamil. Kandungan vitamin C, B1, B3, B2, zat besi, seng dan asam folat dalam mentimun dapat membantu perkembangan janin dalam kandungan. Selain itu, kandungan kolagen dalam timun dapat mengurangi selulit pada perut yang kerap terjadi pada ibu hamil.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF