Rutin Minum Jus Pisang dan Bawang Putih, Cara Mudah dan Murah Obati Asam Lambung
berita
Jus Pisang + Bawang Putih
29 September 2020 16:30
Watyutink.com – Gangguan pencernaan yang kerap diderita orang Indonesia adalah asam lambung. Penyakit yang juga dikenal dengan gastroesophageal reflux disease (GERD) ini seringkali disertai masalah kerongkongan. Pasalnya saat kambung, asam lambung akan membuat kerongkongan merasa panas seolah terbakar. Rasa panas juga terasa di dada.

Gangguan asam lambung tentu saja tidak bisa dianggap enteng. Jika tidak mendapat perawatan, GERD bisa menjadi semakin parah dan memicu gangguan kesehatan lainnya. Itulah sebabnya pencegahan terhadap munculnya penyakit asam lambung harus dilakukan. Sayangnya banyak yang tidak mengetahuinya. Padahal untuk menghindari penyakit asam lambung bisa dilakukan dengan mudah dan murah dengan bahan-bahan yang banyak ditemui.

Tahulah Anda, bagaimana mencegah penyakit asam lambung?

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah gangguan kesehatan akibat asam yang terdapat di lambung naik hingga kerongkongan. Otot yang seharusnya menutup saluran kerongkongan tidak bisa menjalankan fungsinya. Saat otot kerongkungan lemah, asam lambung akan naik dan menyebabkan gangguan seperti rasa panas dan terbakar di dada.

Gejala asam lambung seringkali terasa mirip dengan serangan jantung. Pasalnya kedua penyakit ini menyerang dan menyebabkan nyeri di bagian dada. Meski tidak mematikan seperti serangan jantung, penyakit asam lambung tidak bisa dianggap sepele. Jika tidak mendapat penanganan semestinya, asam lambung bisa menimbulkan komplikasi.

Serangan asam lambung biasanya ditandai dengan rasa terbakar di dada atau heartburn. Kondisi ini akan bertambah parah jika punya kebiasaan berbaring setelah makan. Penyakit asam lambung juga kerap disertai gangguan pencernaan seperti sering bersendawa, mual dan muntah, serta maag dan sesak napas. Penyakit asam lambung juga dapat menimbulkan keluhan mulut terasa asam.

Beberapa gejala yang bisa menjadi pertanda gangguan asam lambung antara lain, sakit tenggorokan, suara serak, batuk kering di malam hari, perut kembung, sering sendawa, nafas bau, dan air liur tiba-tiba banyak.

Untuk mencegah asam lambung kambuh ternyata bisa dilakukan dengan mengonsumsi bahan-bahan alami. Hal ini menepis anggapan asam lambung hanya bisa diobati menggunakan obat-obatan kimia buatan pabik. Salah satu bahan alami yang bisa mencegah asam lambung adalah pisang. Pasalnya pisang mengandung serat yang cukup tinggi. Hal ini membuatnya mampu melancarkan pencernaan dan menghambat produksi asam dalam lambung secara berlebihan.

Selain itu pisang juga mengandung nutrisi lain, seperti energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor dan zat besi. Buah berwarna kuning ini juga memiliki kandungan vitamin A, B, dan C. Hal inilah yang menjadikan pisang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk mencegah asam lambung kambuh.

Untuk mendapatkan manfaatnya, pisang bisa dimakan langsung. Bisa juga dengan mengolahnya menjadi jus. Caranya, ambil buah satu atau dua buah pisang jenis apa saja, cuci bersih. Blender pisang bersama kulitnya dengan air secukupnya. Masukkan satu siung bawang putih. Setelah halus campur dengan madu secukupnya. Minum jus pisang itu satu atau dua kali sehari sebelum makan.

Selain mengatasi masalah asam lambung, rutin minum jus pisang juga membantu menyembuhkan gangguan pencernaan lainnya, seperti maag, sembelit, radang usus, dan diare. Selain itu jus pisang dan bawang putih berguna untuk menjaga kesehatan jantung.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF