Rutin Minum Jus Kurma Tape, Sehatkan Pencernaan, Jantung, Tulang dan Cegah Kanker
berita
Sumber Foto :YouTube Info Sehat
28 August 2020 15:15
Watyutink.com - Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan kurma. Buah asli Timur Tengah ini menjadi menu wajib dan selalu hadir saat bulan Ramadhan.

Orang Indonesia juga sudah sangat kenal dengan tape. Makanan berbahan singkong ini kerap disajikan untuk camilan atau dicampur dengan kudapan lain, seperti es campur atau es teler.

Tahukah Anda, apa jadinya jika kurma dan tape singkong dicampur dan diolah menjadi minuman?

Kurma dikenal kaya akan manfaat bagi kesehatan. Pasalnya buah berwarna coklar gelap ini mengandung aneka mineral, seperti  kalsium, zat besi, fosfor, potassium, magnesium dan zinc. Selain itu buah kegemaran Nabi Muhammad SAW ini juga mengandung energi, gula dan serat.

Itulah sebabnya kurma dikenal mampu mengatasi berbagai gangguan kesehatan seperti, gangguan pencernaan, sembelit atau susah buang air besar, gangguan usus, dan anemia atau kurang darah. Kurma juga mampu melindungi tubuh dari penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Buah yang selalu menjadi oleh-oleh saat pulang dari menunaikan ibadah haji atau umroh ini juga mampu mencegah risiko diabetes atau penyakit kencing manis. Kurma juga mampu melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas, penyebab anek penyakit kronis, termasuk kanker. Kurma juga mampu menjaga kesehatan jantung dan otak.

Sedangkan tape singkong dikenal sebagao probiotik alami yang sangat penting bagi kesehatan sistem pencernaan. Para ahli kesehatan menyebut makanan yang juga bernama peuyeum ini mampu mencegah kanker usus.

Tape singkong juga menjadi sumber karbohidrat yang oleh tubuh diperlukan sebagai sumber energi. Terlebih tape singkong memiliki kadar glycemic index (GI) yang cukup rendah. Hal ini membuat tape singkong mudah dicerna dan mampu menjaga berat badan.

Selain itu, karbohidrat kompleks pada tape singkong juga membuatnya menjadi lebih lama dicerna dan membuat kenyang lebih lama. Itulah sebabnya tape singkong adalah pilihan yang tepat untuk menurunkan berat badan. 

Tape singkong juga mampu menjaga tekanan darah tetap normal. Kandungan kalsium dan vitamin B12 dalam tape, berperan dalam pelebaran pembuluh darah dan mencegah penyempitan pembuluh darah. Itulah sebabnya tape berguna menjaga tubuh dari serangan jantung dan anemia.

Manfaat lain dari tape singkong adalah menjaga kesehatan otak, saraf, dan mencegah stres. Hal ini akibat kandungan vitamin B1 dan tiamin. Keduanya juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terinfeksi penyakit.

Tape singkong juga mampu mengeluarkan racun dalam tubuh. Tape singkong dipercaya dapat mengikat dan mengeluarkan toksin atau racun yang berasal dari fungi atau disebut aflatoksin.

Pakar kesehatan herbal, dr Zaidul Akbar mengatakan paduan kurma dan tape akan membawa dampak luar biasa bagi tubuh. Keduanya akan menjadi booster yang meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Akibatnya berbagai penyakit akan mudah ditangkal dan dicegah menyerang tubuh.

Penulis buku Jurus Sehat Rasulullah (JSR) ini pun membagikan resep membuat jus tape kurma. Bahan-bahannya adalah dua potong tape singkong ukuran besar, tiga butir kurma yang sudah dibuang bijinya, dan jahe sebesar ibu jari orang dewasa.

Blender semua bahan itu dengan 250 mililiter air. Bisa juga ditambahkan sedikit garam himalaya. Blender hingga halus. Minum secara rutin jus kurma tape itu dan hasilnya tubuh akan menjadi lebih bugar dan sehat.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF