Rutin Minum Infused Water Belimbing Wuluh, Cegah Diabetes, Hipertensi, Demam, dan Flu
berita
Sumber Foto : YouTube -berbinar channel
19 August 2020 17:00
Watyutink.com – Selama ini belimbing wuluh kerap digunakan sebagai salah satu bumbu atau bahan masakan. Belimbing wuluh biasanya digunakan untuk campuran sayur yang menyajikan rasa asam dan sega, seperti sayur asem, aneka sup dan beberapa menu masakan lainnya. Itulah sebabnya belimbing wuluh juga disebut sebagai belimbing sayur.

Selain melezatkan masakan, belimbing wuluh ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Pasalnya belimbing wuluh mengandung beragam zat dan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Bahkan belimbing wuluh sudah lama dimanfaatkan sebagai campuran atau bahan pembuat obat herbal.

Tahukah Anda, apa saja manfaat belimbing wuluh dan bagaimana mengolahnya?

Belimbing wuluh memiliki nama latin Averrhoa bilimbi dan termasuk dalam genus Averrhoa dan famili Oxalidaceae. Tanaman ini diketahui berasal dari wilayah Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Meski masih bersaudara dengan buah belimbing, tapi bentuk belimbung wuluh jauh berbeda. Belimbing wuluh berbentuk bulat lonjung dengan permukaan cenderung halus. Berbeda dengan buah belimbung yang bentuknya menyerupai bintang.

Ukurannya juga jauh berbeda. Belimbung wuluh berukuran hanya sedikit lebih besar dari ibu jari orang dewasa. Meski berukuran kecil, kandungan nutrisi dalam belimbing wuluh sangat besar, seperti fosfor, kalsium, dan zat besi. Selain itu, belimbing wuluh juga mengandung antioksidan dan astringen. Belimbing wuluh juga memiliki kandungan vitamin, seperti vitamin A, B Kompleks, dan C.

Itulah sebabnya buah yang asamnya minta ampun ini, bermanfaat menyembuhkan beberapa gangguan kesehatan, diantaranya adalah meredakan batuk, pilek, demam, dan flu. Hal ini lantaran belimbing wuluh memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Manfaat belimbing wuluh bahkan diyakini lebih ampuh dibandingkan obat batuk atau demam buatan pabrik.

Untuk mendapatkan manfaatnya sangat mudah, rebus beberapa buah belimbing wuluh hingga mendidih. Setelah menjadi hangat minum air rebusan tersebut. Lakukan secara rutin, dua kali sehari hingga batuk, pilek, demam, dan flu reda.

Belimbing wuluh juga dapat mengatasi alergi atau hipersensitiv. Biasanya alergi disebabkan oleh makanan, obat, udara, debu dan sebagainya. Seseorang juga bisa terkena alergi karena ada masalah pada sistem kekebalan tubuh.

Untuk mendapatkan manfaatnya, caranya sangat mudah. Ambil beberapa buah belimbing wuluh blender dengan air secukupnya hingga menjadi jus. Minumlah jus belimbing wuluh dengan teratur sampai alergi sembuh.

Belimbing wuluh juga dapat mengontrol dan menurunkan kadar gula darah. Itulah sebabnya rutin mengonsumsi jus belimbing wuluh sangat baik bagi penderita penyakit diabetes atau kencing manis. Rutin mengonsumsi air rebusan belimbing wuluh juga bisa dilakukan untuk mengontrol kadar gula darah.

Belimbing wuluh juga mampu menurunkan tekanan darah. Itulah sebabnya buah ini baik dimakan para penderita penyakit darah tinggi atau hipertensi. Selain dengan minum jus atau air rebusan, belimbing wuluh juga bisa dimakan langsung. Jika tidak tahan dengan rasa asamnya, belimbing wuluh bisa direbus terlebih dahulu.

Rutin mengonsumsi ramuan belimbing wuluh juga bermanfaat mengatasi penyakit wasir. Belimbing wuluh sangat bermanfaat meredakan rasa nyeri yang diakibatkan pembengkakan pada wasir.

Belimbing wuluh juga dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi. Pasalnya buah ini mengandung kalsium dan fosfor yang sangat bermanfaat untuk menjaga gigi dan tulang tetap sehat. Manfaat yang diperoleh dari belimbing wuluh sama dengan jika Anda mengonsumsi sumplemen untuk tulang dan gigi.

Cara termudah mendapatkan manfaat buah belimbing wuluh adalah dengan mengolahnya menjadi infused water. Ambil beberapa buah belimbing wuluh, rendam dalam air dan masukkan dalam botol tertutup. Biarkan selama satu atau dua jam. Tambahkan sedikit garam himalaya untuk mendapat rasa asam asin yang segar. Bisa juga dengan menyimpannya ke dalam lemari es sebelum dikonsumsi.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF