Rutin Minum Air Rendaman Cengkeh, Cegah Kanker, Osteoporosis, Maag, dan Diabetes
berita
Air Redaman Cengkeh
26 September 2020 18:25
Watyutink.com - Manfaat cengkeh untuk campuran bumbu makanan sudah banyak dikenal. Rempah khas Nusantara ini diyakini membuat makanan lebih nikmat. Selain itu cengkeh membuat aroma makanan menjadi lebih harum.

Selain untuk bumbu masak, cengkeh ternyata juga ampuh mengobati anek penyakit. Pasalnya cengkeh kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat cengkeh bagi kesehatan dan bagaimana mengolahnya?

Manfaat dalam cengkeh bisa diperoleh dengan cara yang sangat mudah. Selain dengan menjadikannya bumbu masak, cengkeh juga bisa dijadikan infused water. Cukup dengan memasukkan cengkeh pada sebotol air, diamkan beberapa saat. Selanjutnya minum air rendaman cengkeh secara rutin.

Bisa juga dengan merebus cengkeh dengan air secukupnya. Saat sudah hangat, minum air rebusan cengkeh. Bisa juga ditambahkan madu untuk menambah rasa.

Manfaat yang diperoleh dengan cara sederhana itu ternyata luar biasa. Cengkeh diketahui mengandung zat gizi dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Gizi yang terdapat dalam cengkeh antara lain,  mangan, vitamin K, kalsium, magnesium, vitamin E, serat, dan mineral lain.

Vitamin C yang terkandung dalam cengkeh tebisa memperkuat kekebalan tubuh atau sistem imun. Sedangkan antioksidan senyawa eugenol sangat baik untuk menangkal radikal bebas, pemicu beberapa penyakit kronis termasuk kanker.

Cengkeh juga memiliki sifat antimikroba yang mampu menghentikan pertumbuhan mikro-organisme berbahaya yang bisa menyebabkan kram, kelelahan, dan diare.

Cengkeh juga mampu menjaga kesehatan otak dan tulang. Kandungan mangan dalam cengkeh berguna menjaga fungsi otak dan pembentukan tulang. Sejumlah senyawa aktif lainnya dalam cengkeh juga bisa membatu menjaga dan meningkatkan kepadatan masa tulang.

Senyawa eugenol dalam cengkeh ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan organ hati. Eugenol dapat membersihkan hati dari lemak. Selain itu eugenol ampuh untuk mengurangi peradangan dan membantu menjaga kesehatan hati secara keseluruhan.

Cengkeh juga mampu meredakan sakit maag atau tukak lambung. Kandungan minyak atsiri dalam cengkeh bisa meningkatkan produksi lendir lambung yang berguna mencegah erosi lapisan lambung karena asam.

Selain maag, cengkeh juga cocok dikonsumsi penerita radang lambung.

Cengkeh juga berguna untuk penderita diabetes. Pasalnya senyawa nigericin dalam cengkeh mampu menjaga kadar gula darah tetap normal. Nigericin juga dapat meningkatkan kapasitas sel untuk menyerap gula darah.

Selain itu, nigericin dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghasilkan insulin.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF