Rutin Minum Air Rebusan Daun Jeruk Purut, Sehatkan Pencernaan, Cegah Kanker, Serangan Jantung, serta Redakan Rematik dan Asam Urat
berita
Daun Jeruk Purut
03 September 2020 16:40
Watyutink.com – Selama ini daun jeruk nipis dikenal sebagai salah satu bumbu masakah. Bahan yang juga disebut jeruk purut ini biasanya digunakan untuk menu masakan yang berasa segar, seperti sup atau kari. Daun jeruk purut juga bisa ditambahkan pada tumisan. Aroma khas dan segar daun jeruk purut akan menjadikan makanan lebih lezat dan mengundang selera.

Ternyata daun jeruk nipis atau jeruk purut tidak hanya berguna untuk melezatkan masakan. Daun jeruk purut juga berguna untuk menjaga kesehatan. Pasalnya daun jeruk purut memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun jeruk purut untuk kesehatan?

Jeruk nipis atau jeruk purut mempunyai nama latin Citrus Aurantifolia. Tanaman ini dikenal sebagai salah satu bahan pembuat obat-obatan herbal atau alami. Hal ini lantaran kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Antioksidan adalah zat yang berguna melindungi tubuh dari paparan atau efek buruk radikal bebas, pemicu berbagai penyakit baik ringan maupun berat, termasuk kanker dan penyakit jantung.

Khasiat jeruk nipis bukan hanya pada buahnya. Pasalnya daunnya juga memiliki kandungan antioksidan yang tak kalah dengan buahnya. Selain itu daun jeruk purut juga memiliki kandungan vitamin C dan flavonoid yang berguna meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun. Itulah sebabnya daun jeruk purut kerap dijadikan obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, salah satunya untuk melancarkan pencernaan.

Daun jeruk purut dikenal memiliki kandungan anti-inflamasi yang dapat merangsang sistem pencernaan. Hal ini menjadi daun jeruk purut mampu mengatasi gangguan pencernaan seperti sembeli atau susah buang air besar, mual, dan mulas. Daun jeruk purut juga bermanfaat membersikan usus. Sehingga bisa menghindarkan gangguan pencernaan yang lebih parah, seperti tukak lambung, wasir bahkan kanker usus atau colon.

Duan jeruk nipis juga berguna menjaha kesehatan mulut. Pasalnya daun jeruk purut mempunyai fungsi antibakeri alami yang mampu membunuh bakteri dalam mulut. Sedangkan fungsi antihalitosis dalam daun jeruk purut memberikan efek segar tak ubahnya minyak aromaterapik yang menyenangkan. Akibatnya mulut pun terhindar dari bau tak sedap.

Cukup dengan menggosokkan daun jeruk purut ke gusi guna menghilangkan bakteri dari di mulut. Bisa juga dengan berkumur menggunakan air rebusan daun jeruk purut.

Daun jeruk purut juga bermanfaat melancarkan aliran darah dan sistem saraf. Daun jeruk purut selama ini dikenal sebagai obat herbal yang baik untuk tonik saraf, mencegah tekanan darah tinggi, dan memperlancar aliran darah.

Daun jeruk nipis juga berguna sebagai obat influenza. Pasalnya daun jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan tinggi. Selain itu daun jeruk nipis juga bermanfaat memperlancar pernafasan. Daun jeruk nipis juga mampu mengobati batuk dan masalah pernafasan lainnya, seperti asma dan bronkial.

Caranya, cukup mudah. Siapkan 20 lembar dari jeruk nipis, potong kecil-kecil. Rebus dengan air secukupnya. Setelah mendidih angka dan saring. Tambahkan madu untuk menambah rasa. Minum dengan rutin ramuan itu selagi hangat.

Bagi Anda yang menderita keluhan sendi, seperti rematik dan asam urat. Pasalnya daun jeruk purut memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mengatasi nyeri atau radang persedian. Selain itu daun jeruk purut juga berfungsi sebagai obat topial yang bisa meredakan rasa sakit dan nyeri. Caranya, tidak jauh beda. Rebus empat atau enam lembar daun jeruk purut dengan air secukupnya. Setelah mendidih angkat dan saring. Tambahkan madu atau gula merah untuk menambah rasa. Minum selagi hangat.

Saat membuat ramuan jeruk purut, pilih yang sudah tua. Ditandai dengan warna hijau segar, mulus, dan licin saat dipegang. Hindari daun yang sudah menguning, serta terdapat bercak atau nida coklat atau putih. Daun jeruk purut atau jeruk nipis yang baik beraroma kuat.

Daun jeruk purut selalu tumbuh dalam dua lembar yang tergabung menjadi satu, sehingga berbentuk seperti angka 8 (delapan). Pilih yang lebar kedua sisinya sama. Jangan pilih daun yang salah satunya lebih kecil dari yang lain.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF