Rutin Minum Air Rebusan Bonggol Jagung, Cegah Kolesterol, Anemia, Sembelit, dan Sehatkan Kulit
berita
Sumber Foto : Rebusan Bonggol Jagung
28 September 2020 16:00
Watyutink.com – Selama ini bonggol jangan hanya dianggap sampah. Itulah sebabnya saat usai makan jagung, bonggol atau bagian tengah jagung dibuang begitu saja. Padahal sejatinya bonggol jangung bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, termasuk bagi kesehatan. Bonggol jagung ternyata mengandung nutrisi yang berguna menjaga kesehatan tubuh.

Tahukah Anda, apa saja manfaat bonggol jagung untuk kesehatan?

Pakar pengobatan herbal dr Prapti Utami mengatakan bonggol jagung diketahui mengangung senyawa flavonoid dan fenol. Dalam bonggol jangung juga terdapat 15 atom karbon yang juga terdapat dalam tumbuhan. Kandungan flavonoid dan fenol menjadikan bonggol jagung berguna mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. Itulah sebabnya bonggol jagung bisa dimanfaatkan untuk mencegah risiko penyakit jantung koroner.

Kandungan flavonoid juga berguna mengobati penyakit kolesterol. Selain itu bonggol jagung juga mengandung karetonoid dan vitamin C yang berguna mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan nutrisi tersebut juga dapat meningkatkan dan memperlancar sistem peredaran darah dalam tubuh.

Sedangkan kandungan zat besi dalam bonggol jagung berguna mencegah anemia atau kurang darah. Manfaat ini semakin baik lantaran bonggol jagung juga mengandung vitamin B dan folic acid yang mampu meningkatkan kadar sel darah merah dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat bonggol jagung, caranya santa mudah. Siapkan tiga bonggol jagung yang sudah dicuci bersih. Rebus dengan 10 gelas air hingga mendidih dan tersisa delapan gelas. Angkat dan saring air rebusan tersebut. Minum secara rutin air rebusan bonggol jagung tersebut.

Rutin minum air rebusan bonggol jagung juga bermanfaat memperlancar pencernaan. Kandungan nutrisi dalam bonggol jagung dapat mencegah sembelit atau susah buang air besar serta menurunkan risiko kanker usus dan wasir.

Bonggol jagung juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Pasalnya bonggol jagung mengadung antikosidan yang menjaga kulit tetap sehat, awet muda dan terhindar dari penuaan dini. Bonggol jagung juga mengandung Sun Protector Factor (SPF) yang cukup tinggi. Hal ini menjadikan bonggol jagung berguna melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Sedangkan kandungan flavonoid dan fenol dalam bonggol jagung melindungi kulit dari sinar ultraviolet atau UV.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF