Rutin Makan Stroberi Bisa Sehatkan Jantung, Mata, Cegah Asam Urat dan Kanker
berita

15 April 2020 16:55
Watyutink.com – Siapa yang tidak tahu buah stroberi. Bentunya yang unik dan warna merah yang dimiliki staoberi membuat buah ini dikenal semua orang. Stroberi seringkali dimanfaatkan untuk salad atau makanan penutup seperti es krim, permen, jeli, sirup, kue, dan lain-lain. Meski stroberi juga sering dimakan begitu saja.

Ternyata selain enak dimakan, buah stroberi juga berguna untuk kesehatan. Pasalnya buah ini memiliki beragam kandungan zar yang baik untuk menjaga kebugaran. Stroberi juga baik digunakan untuk melindungi berbagai organ tubuh dari kerusakan atau penyakit.

Tahukah Anda, apa saja manfaat buah stroberi bagi kesehatan?

Manfaat pertama dari stroberi adalah menjaga kesehatan mata. Pasalnya stroberi memiliki kandungan antioksidan seperti flavonoid, phenolic, phytochemicals, dan elagic acid. Selain itu stoberi juga mengandung vitamin C. Paduan antara antioksidan dan vitamin C diyakini dapat melawan radikal bebas yang menjadi menyebab penurunan fungsi pengelihatan. Terutama akibat degenerasi makula dan katarak. Sedangkan kandungan potasium dalam stroberi juga dapat mengatasi tenakan okular pada bola mata yang sangat berbahaya bagi mata.

Buah stroberi juga sangat baik untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Vitamin C dalam stroberi diyakini juga menjadi benteng yang sangat baik untuk melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit. Vitamin C dan antioksidan juga bisa membantu menangkal radikal bebas yang berbahaya kesehatan.

Salah satu gangguan kesehatan yang juga bisa muncul akibat paparan radikal bebas adalah nyeri persendian dan asam urat. Kandungan antioksidan dalam stroberi diyakini juga bisa membantu mengatasi nyeri persendian dan asam urat. Jika dikonsumsi rutin setiap hari, buah stroberi bisa meredakan peradangan sendi.

Stroberi juga bisa mencegah serangan penyakit kanker. Pasalnya stroberi memiliki kandungan senyawa flavonoid seperti, vitamin C, asam folat, anthocyanins, quercetin, dan kaempferol. Flavonoid dalam stroberi juga memiliki efek antikarsinogenik dan antioksidan yang bisa mencegah efek buruk radikal bebas, salah satu pemicu pertumbuhan tumor penyebab kanker. Mengonsumsi stroberi secara rutin juga bisa menurunkan kemungkinan metastasis atau penyebaran sel kanker.  

Bagi orang yang berusia lanjut, mengonsumsi stroberi sangat bermanfaat. Pasalnya stroberi bisa memperkuat fungsi otak. Selain itu stroberi bisa meningkatkan daya ingat dan mencegah penurunan dan pelemahan fungsi saraf. Itulah sebabnya orang yang sering mengonsumsi stroberi bisa terhindar dari sifat pikun atau pelupa.

Stroberi juga bermanfaat untuk mencegah serangan jantung dan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian menunjukkan mengonsumsi makanan yang kaya akan anthocyanin seperti stroberi bisa mencegah penyakit tekanan darah tinggi. Manfaat ini akan semakin terasa pada orang yang berusia belum mencapai 60 tahun, yang belum mengalami kerusakan pembuluh darah.

Sedangkan bagi orang yang sudah mengalami kerusakan pembuluh darah, terutama yang sudah berusia di atas 60 tahun, asupan anthocyanin sudah tidak ada manfaatnya.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF