Rutin Makan Kangkung Cegah Anemia, Diabetes, Sembelit, dan Sariawan tapi Bisa Sebabkan Kantuk
berita
Kangkung/ Net
13 January 2021 16:55
Watyutink.com – Kangkung adalah sayuran yang sangat populer di Indonesia. Hampir semua orang pasti mengenal kangkung. Sayur berwarna hijau ini bisa diperoleh dengan mudah. Pasalnya hampir semua pedagang sayuran pasti menjual kangkung. Bahkan bukan hanya di pasar tradisional atau pedagang keliling, supermarket atau pasar modern pun dipastikan menjual kangkung.

Kangkung semakin populer lantaran cara mengolahnya yang sangat mudah. Kangkung bisa dimasak menjadi aneka menu masakan, seperti tumisan, sayuran atau dimakan langsung sebagai lalapan.

Ternyata selain enak dimakan kangkung juga sehat. Pasalnya sayuran yang banyak tumbuh di daerah basah ini mengandung beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan. Itulah sebabnya mengonsumsi kangkung sangat dianjurkan untuk menjaga tubuh tetap bugar.

Tahukah Anda, apa saja manfaat kangkung bagi kesehatan?

Penelitian yang dilakukan para ahli menemukan berbagai kandungan nutrisi dalam kangkung. Nutrisi dan mineral tersebut antara lain energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, natrium, kalium, fosfor dan zat besi. Kangkung juga mengandung vitamin A, B1, B6, C, dan D. Kandungan nutrisi itulah yang membuat kangkung sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Salah satunya untuk mencegah penyakit kurang darah atau anemia. Kandungan zat besi dalam kangkung diyakini mampu meningkatkan jumlah hemoglobin dalam darah. Hal ini membuat kebutuhan darah dalam tubuh selalu terjaga dan terhindar dari anemia.

Kandungan serat yang cukup tinggi dalam kangkung berguna mencegah tubuh dari masalah pencernaan, seperti sembelit atau sudah buang air besar (BAB). Pasalnya kangkung juga mempunyai fungsi sebagai pencahar alami.

Kangkung juga berguna menurunkan risiko diabetes atau penyakit kencing manis. Pasalnya ekstrak kangkung dapat menghambat penyerapan gula dalam darah. Selain itu kangkung juga mempunyai fungsi sebagai detoksifikasi dan antioksidan. Hal ini membantu menghindarkan tubuh dari efek buruk radikal bebas penyebab berbagai penyakit, seperti kanker dan diabetes. Fungsi detoksifikasi juga membantu menyehatkan organ hati.

Mengonsumsi kangkung juga berguna bagi penderita insomnia atau gangguan susah tidur. Manfaat ini lantaran kangkung mengandung kalium yang mampu mengurangi tekanan darah. Kangkung juga memiliki kandunagn selenium dan zinc yang berguna membuat saraf lebih rileks atau santai. Hal inilah yang membuat setelah mengonsumsi kangkung orang cenderung merasa ngantuk. Terlebih jika kangkung dimakan bersama nasi putih. Padahal nasi putih diketahui mengandung glikemik yang sangat tinggi. Glikemik adalah zat yang mampu menaikkan kadar gula darah. Itulah sebabnya makan nasi dan kangkung diyakini dapat menyebabkan datangnya rasa kantuk.

Kangkung juga berguna mencegah sariawan dan gusi berdarah. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi menyebabkan mulut dan gusi lebih sehat dan terhindar dari sariawan dan masalah lainnya. Sedangkan kandungan vitamin A menjadikan kangkung berguna untuk kesehatan mata. Ditambah dengan kandungan beta karoten yang juga berguna mengatasi bebagai masalah pada organ pengelihatan.

Cara termudah mendapatkan manfaat kangkung adalah memakannya, baik secara langsung maupun dengan mengolahnya menjadi aneka menu masakan.  Namun ada pula manfaat kangkung yang diperoleh dengan mengolahnya menjadi ramuan, salah satunya untuk melancarkan air seni. Caranya, rebus kangkung secukupnya dengan dua gelas air. Biarkan sampai mendidih dan tersisa satu gelas saja. Minum air rebusan tersebut satu gelas setiap hari. Lakukan secara rutin sampau air seni lancar kembali.

Kangkung juga berguna mengatasi mimisan. Caranya ambil seikat kangkung, cuci dengan air hingga bersih. Blender atau tumbuk sampai halus. Seduh dengan 200 mililiter atau segelas ukuran sedang air panas. Aduk sampai rata lalu saring. Tambahkan madu atau gula aren untuk menambah rasa. Minum selagi hangat dua kali sehari.

Bagi para wanita, kangkung berguna mengatasi datang bulan atau haid berlebihan. Caranya, ambil sekitar seikat kangkung segar, cuci hingga bersih. Haluskan dengan cara diblender atau ditumbuk. Tambahkan segelas air, aduk sampai rata lalu saring. Tambahkan madu untuk menambah rasa. Minum ramuan tersebut sekali sehari.  

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

A.S. Laksana

Sastrawan, pengarang, kritikus sastra dan wartawan