Rutin Makan Ikan Kembung, Sehatkan Jantung, Otak, Tulang dan Cegah Diabetes
berita
Ikan Kembung/ Net
27 January 2021 18:00
Watyutink.com - Indonesia adalah negara yang kaya akan beragam jenis ikan. Hal ini lantaran Indonesia adalah negara maritim dengan wilayah laut yang sangat luas. Salah satu ikan yang dikenal masyarakat adalah ikan kembung. Ikan ini kerap dimanfaatkan sebagai bahan makanan.

Ikan kembung menjadi menu makan favorit lantaran rasanya yang lezat. Selain itu ikan kembung juga bermanfaat bagi kesehatan. Pasalnya ikan kembung kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Bahkan para ahli kesehatan menyebut kandungan gizi dalam ikan kembung lebih banyak dibanding ikan lain yang tergolong 'elite' seperti ikan salmon.

Tahukah Anda apa manfaat ikan kembung untuk kesehatan?

Ikan kembung adalah kekayaan laut asli Nusantara. Ikan yang banyak terdapat di perairan Indonesia ini sangat baik dikonsumsi. Para ahli menyebut ikan kembung memiliki kandungan nutrisi yang sangat kaya, seperti protein, omega-3, vitamin B12, vitamin D, fosfor, vitamin B2, vitamin B6, iodine, dan selenium.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pernah menrilia data kandungan nutrisi dalam ikan kembung lebih tinggi dibanding ikan salmon. Terutama untuk nutrisi selanium. Aneka nutrisi tersebut menjadikan ikan kembung sebagai makanan sehat yang sangat baik dikonsumsi.

Nutrisi tersebut juga menjadikan ikan kembung mampu melindungi tubuh dari gangguan kesehatan, salah satunya untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan omega-3 diyakini bisa mencegah penyakit jantung.

Omega-3 merupakan asam lemak baik yang mampu mencegah penyakit jantung koroner atau serangan jantung. Omega-3 juga bersifat antiradang dan mempu mengurangi risiko pembentukan plak di pembuluh darah akibat kolesterol jahat. Penumpukan plak bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Pada akhirnya hal ini bisa memicu serangan jantung atau stroke.

Ikan kembung juga sangat baik untuk menjaga kesehatan otak. Ikan kembung diketahui mengandung asam lemak EPA dsn DHA. Keduanya bermanfaat untuk menjaga  sistem saraf, termasuk otak berfungsi dengan baik. Kedua jenis lemak sehat itu membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan otak, seperti demensia dan alzheimer.

Bagi anak-anak, lemak DHA sangat diperlukan untuk menunjang pertumbuhan otak. Anak dengam asupan DHA dan omega-3 yang cukup akan tumbuh menjadi anak cerdas. Sedangkan untuk ibu hamil, DHA mampu membantu tumbuh kembang janin, khususnya untuk perkembangan otak.

Ikan kembung sangat baik dikonsumsi para penderita diabetes. Pasalnya ikan kembung mengandung omega-6 yang mampu mengendalikan kadar gula dalam darah.
Penderita diabetes sangat dianjurkan mengonsumsi ikan kembung secara rutin untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Ikan kembung juga bermanfaat mengatasinya peradangan. Beberapa senyawa aktif dalam ikan kembung bersifat anti-inflamasi. Hal inilah yang menjadikan ikan kembung mampu mencegah terjadinya peradangan dal tubuh.

Ikan kembung juga kaya akan vitamin D dan kalsium. Itulah sebabnya ikan kembung bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Vitamin D dan kalsium juga baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun. Vitamin dan mineral tersebut juga berguna bagi kesehatan sistem saraf.

Untuk mendapatkan manfaat ikan kembung caranya sangat mudah, yakni dengan menjadikannya menu masakan atau lauk sehari-hari. Namun perlu diingat, saat memasaknya jangan ditambahkan bahan yang tidak sehat seperti penyedap atau MSG. Jangan pula terlalu banyak garam saat memasaknya.

Jika digoreng, pastikan minyak yang digunakan sehat.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI