Rematik Bukan Akibat Mandi Malam, Sembuhkan dengan Air Rebusan Kayu Manis dan Bunga Lawang
berita
Air Rebusan Kayu Manis dan Bunga Lawang
20 October 2020 16:47
Watyutink.com – Salah satu gangguan kesehatan yang banyak diderita adalah rematik. Penyakit ini bisa sangat menyiksa jika sedang kambuh. Pasalnya rematik akan menimbulkan nyeri yang sangat menyakitkan, terutama di bagian sendi, lutut, atau leher. Saat rematik menyerang, dipastikan seseorang tidak bisa beraktivitas dengan nyaman.

Itulah sebabnya rematik harus segera disembuhkan. Biasanya orang akan mengonsumsi obat-obatan kimia buatan pabrik untuk mengatasi rematik. Padahal sejatinya rematik bisa diatasi dengan bahan-bahan alami atau herbal. Selain mudah diperoleh, penggunaan bahan alami juga lebih aman lantaran bebas dari kandungan zat kimia.

Tahukah Anda apa bahan alami atau herbal untuk mengatasi rematik?

Rematik dlaam bahasa medis dikenal dengan nama rheumatoid arthritis (RA). Penyakit ini kerap menyebabkan radang, terutama dipersendian. Akibatnya persendian mengalami nyeri, kaku dan bengkak. Rematik biasanya muncul akibat gangguan autoimun.

Sendi yang terserang rematik akan mengalami peradangan yang bisa merusak sendi dan tulang. Ligamen dan otot juga mengalami kelemahan. Lama kelamaan kondisi ini akan mengubah bentuk sendi.

Faktor lain yang juga turut memicu rematik adalah faktor genetik. Jika orang tuanya menderita rematik, anaknya kelak juga berpotensi menderita gangguan kesehatan yang sama. Gaya hidup juga sangat mempengaruhi kondisi kesehatan, termasuk serangan rematik atau rheumatoid arthritis (RA). Pola makan yang tidak sehat dan jarang berolah raga juga bisa memicu rematik. Kebiasaan buruk, seperti merokok dan minum minuman beralkohol juga berpotensi memicu rematik.

Para ahli menyebut mandi malam hari bukanlah penyebab rematik. Padahal selama ini banyak yang mengira kebiasaan mandi malam hari adalah pemicu rematik. Para ahli kesehatan menyebut hal itu hanyalah mitos. Meski demikian, mandi malam hari bisa memperparah gangguan atau keluhan persendian. Rasa dingin akibat mandi akan membuat nyeri sendi semakin parah.

Itulah sebabnya orang yang memang sudah menderita rematik, sebaiknya tidak mandi malam hari. Kalau pun terpaksa harus mandi malam hari, disarankan menggunakan air hangat agar nyeri sendi atau rematik tidak kambuh.

Rematik atau RA bisanya ditandai dengan nyeri dan kaku dipersendian, terutama di pagi hari setelah bangun tidur. Nyeri juga kerap muncul setelah duduk untuk waktu yang cukup lama. Sendi akan memerah dan bengkak. Jika disentuh biasanya akan terasa hangat. Rematik juga kerap menyebabkan tubuh terasa lemas, demam, dan berat badan turun.

Rematik pada awalnya akan menyerang persendian kecil, seperti pergelangan tangan dan kaki. Lama kelamaan, sendi yang lain, seperti bahu, sikut, lutut, panggul, rahang, dan leher juga akan mengalami nyeri dan sakit.

Pakar pengobatan herbal, dr Zaidul Akbar melalui postingan di akun Instagramnya membagikan resep untuk mengatasi rematik. Zaidul mengatakan bahan yang perlu disiapkan adalah sebatang kayu manis, dua buah bunga lawang, satu sendok makan air perasan jeruk nipis atau lemon, dan satu sendok makan madu.

Rebus kayu manis dan bunga lawang dengan 300 mililiter air. Setelah mendidih, angkat air rebusan dan biarkan menjadi hangat. Tambahkan madu dan air perasan jeruk nipis atau lemon. Minum air rebusan tersebut dia kali sekali.  

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF