Redakan Sinusitis dengan Jus Bonggol Nanas dan Habbatussaudah
berita

10 May 2020 17:00
Watyutink.com - Sinusitis adalah gangguan kesehatan yang banyak dialami orang Indonesia. Saat sedang 'kumat,' sinusitis akan sangat mengganggu. Penderitanya akan kesulitan bernafas. Pasalnya sinusitis menyerang organ pernafasan seperti hidung dan saluran nafas.

Biasanya penderita mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi sinusitis. Sebenarnya untuk kasus yang tidak terlalu parah, sinusitis bisa diatasi dengan mengonsumsi bahan-bahan alami. Namun dalam kasus yang lebih parah, tindakan operasi menjadi seringkali jalan keluarnya.

Tahukah Anda, apa bahan alami yang bisa membantu mengatasi sinusitis?

Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan pada dinding sinus atau rongga kecil pada saluran udara di dalam tulang tengkorak. Sinus terletak di bagian belakang tulang dahi, bagian dalam struktur tulang pipi, kedua sisi batang hidung, dan belakang mata.

Sinus berfungsi untuk menyaring dan membersihkan bakteri dan partikel yang masuk saat kita menghirup udara. Caranya dengan menghasilkan lendir atau mukus. Sinus juga berfungsi membantu mengendalikan suhu dan kelembapan udara yang masuk ke paru.

Sinusitis biasanya ditandai dengan gejala seperti pilek, hidung tersumbat, dan bengkak disertai nyeri di wajah terutama sekitar mata. Sinusitis disebabkan oleh infeksi kuman. Kondisi ini akan lebih parah jika penderitanya  merokok dan sering berenang. Sinusitis juga dapat dipicu oleh kondisi medis tertentu, misalnya polip hidung dan rinitis alergi.

Pada kasus sinusitis parah, operasi menjadi jalan satu-satunya. Sedangkan untuk kondisi yang lebih ringan, penderita bisa mengatasinya menggunakan obat-obatan. Padahal untuk sinusitis yang tidak parah bisa diatasi dengan bahan alami, salah satunya dengan mengonsumsi buah nanas.

Nanas diketahui mengandung beragam nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, terutama bagian bonggol atau tengahnya.  Dalam sepotong bonggol nanas terkandung 2,2 gram serat. Hal ini membuat nanas sangat mudah dicerna tubuh. Selain itu bonggol nanas juga kandungan gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, fosfor, zat besi, bromolin, folat serta vitamin A, B dan C.

Kandungan gizi tersebut menjadikan bonggol nanas mampu meredakan kondisi saat sinusitis menyerang. Untuk mendapatkan manfaatnya, bisa dengan mengonsumsi secara langsung. Jika cara itu dirasa kurang nikmat bisa juga dengan mengolah bonggol nanas menjadi jus.

Caranya, siapkan satu buah bonggol nanas dan satu kapsul habbatussaudah. Blender dengan sekitar 300 mililiter air. Setelah halus, diamkan hingga mengendap. Minum air endapannya tiap pagi saat perut kosong. Lakukan rutin hingga sinusitis mereda.

Selain meredakan sinusitis, jus bonggol nanas juga bisa menjadi penangkal kanker usus. Pasalnya kandungan bromolin dan folat pada bonggol nanas sangat baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Namun wanita hamil, disarankan tidak mengkonsumsi  nanas. Pasalnya kandungan bromolin bisa mengakibatkan kontraksi rahim yang berpotensi menimbulkan keguguran.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF