Rebusan Air Kulit Buah Salak, Ramuan Berkhasiat Sembuhkan Diabetes dan Cegah Hipertensi
berita
Sumber Foto: tribunnews.com
18 May 2020 09:00
Watyutink.com – Manfaat buah salak bagi kesehatan sudah tak perlu diragukan lagi. Beragam nutrisi di dalamnya, seperti vitamin A, vitamin B2, vitamin c, serat, dan zat besi membuat buah salak layak dipilih sebagai makanan sehat yang bisa rutin dikonsumsi.  Biji buah salak pun mengandung manfaat yang tak kalah penting. Berbagai penyakit bisa disembuhkan dengan memanfaatkan biji buah salah. Bagaimana dengan kulitnya?

Banyak yang mengira kulit buah salah hanyalah sampah tak berguna. Itulah kulit yang menyerupai sisik ular itu sering dibuang begitu saja. Padahal, seperti daging dan bijinya, kulit buah salah juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat kulit buah salak bagi kesehatan?

Buah salak dibeberapa negara dikenal dengan nama snake fruit atau buah ular. Hal ini lantaran kulitnya yang mirip sisik ular. Warnanya yang coklat kehitaman semakin menjadikan kulit buah salak mirip kulit ular. Meski demikian, kulit buah salak tidak mengandung racun sebagaimana bisa ular. Sebaliknya kulit buah salak justru mengandung beragam nutrisi, seperti kalsium, vitamin B, zat besi, fosfor, dan zat penting lain.

Itulah sebabnya kulit buah salak dapat dimanfaatkan untuk obat yang mampu mengatasi beberapa penyakit. Salah satunya sebagai obat untuk penyakit diabetes atau kencing manis. Kulit buah salak diketahui memiliki kandungan pterostilbene atau zat anti diabetes yang bermanfaat menurunkan kadar gula dalam darah.  Itulah sebabnya rutin mengonsumsi ramuan kulit buah salak diyakini bermanfaat menyembuhkan penyakit diabetes.

Selain itu kulit buah salak juga memulihkan jaringan dalam tubuh yang rusak. Pasalnya kulit buah bersisik ini memiliki kandungan proline dan ferulic acid. Kedua zat tersebut dapat mendorong terbentuknya elastin dan kolagen yang menjadi unsur penting untuk memulihkan jaringan.

Untuk mendapatkan manfaat kulit buah salak cukup mudah. Ambil sekitar 100 gram kulit buah salak cuci dengan air hingga bersih. Rebus dengan 1000 mililiter air hingga mendidih. Saat merebus sebaiknya gunakan kuali atau panci dari tanah liat. Hindari menggunakan kuali berbahan logam, seperti besi atau aluminium.

Rebus kulit buah salak dengan api kecil sampai mendidih. Selanjutnya saring air rebusan kulit buah salak. Minum sebanyak satu liter secara teratur. Lakukan rutin selama dua minggu diyakini bakal membuat kadar gula darah menjadi normal. Selain itu tekanan darah juga menjadi lebih stabil sehingga bisa mencegah penyakit tekana darah tinggi atau hipertensi.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF