Ramuan Bunga Lawang, Cengkeh, Madu, Cara Aman dan Mudah Obati Batuk Berdahak
berita
Bunga Lawang - Cengkeh - Madu
03 June 2020 15:10
Watyutink.com – Batuk berdahak adalah salah satu dari dua jenis batuk yang banyak diderita. Selain batuk berdahak ada pula batuk kering. Batuk berdahak bisa sangat mengganggu kesehatan dan aktivitas sehari-hari. Bukan hanya itu, tidur pun bisa terganggu lantaran sebentar-sebentar terbangun akibat batuk.

Itulah sebabnya batuk berdahal harus segera diobati agar tidak menjadi semakin parah. Biasanya orang akan langsung menggunakan obat-obatan kimia untuk menyembuhkan batuk berdahak. Selain mudah dipeoleh, obat-obatan kimia juga dirasa lebih praktis.

Padahal sebenarnya, kita bisa memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai obat batuk berdahak. Bahan alami tersebut tersedia disekitar kita. Selain itu penggunaan bahan alami juga lebih aman lantaran bebas dari kandungan zat kimia yang bisa saja berbahaya bagi tubuh.

Tahukah Anda, bahan alami apa yang bisa menjadi obat batuk berdahak?

Batuk berdahak adalah penyakit yang terjadi akibat tubuh menghasilkan lendir atau dahak terlalu banyak. Akibatnya dahak memenuhi saluran pernafasan yang menyebabkan batuk. Sebaliknya batuk kering terjadi justru menyerang tanpa disertai dahak.  

Batuk sebenarnya adalah cara atau reaksi tubuh untuk mengeluar benda asing yang masuk ke dalam sistem penafasan. Benda asing tersebut bisa berupa debu polusi atau zat lain yang memicu alergi. Saat benda asing itu masuk ke sistem pernafasan,  otak akan mengirim sinyal ke otot dada dan perut untuk berkontraksi. Fungsinya untuk mendorong benda asing tersebut keluar. Inilah yang disebut batuk.

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan batuk berdahak adalah bunga lawang. Bahan yang kerap digunaikan sebagai bumbu dapur ini dikenal kaya akan kandungan zat yang bermanfaat menyembuhkan batuk, seperti asam shikimat dan antioksidan quercetin. Selain itu bunga lawang juga kaya akan kandungan serat, vitamin C dan minyal esensial linaool. Itulah sebabnya bunga lawang bisa juga menjadi obat flu dan memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh.

Bahan lain yang bermanfaat menyembuhkan batuk berdahak adalah cengkeh. Bahan alami yang sering digunakan sebagai aroma therapy ini kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti kalium, mangan, kalsium, magnesium, natrium, zinc, folat, antioksidan, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

Untuk bisa mendapatkan manfaat bunga lawang dan cengkeh, caranya sangat mudah. Ahli pengobatan herbal, dr Zaidul Akbar melalui akun instgramnya berbagai resep mengobatik batuk berdahak. Siapkan tiga buah bunga lawang dan satu sendok teh atau tujuh butir cengkeh. Seduh dengan air panas, biarkan beberapa saat hingga hangat dan bahan-bahan tersebut terseduh dengan baik. Tambahkan satu sendok makan madu untuk menambah rasa. Minum dengan rutin sekali setiap hari hingga batuk berdahak sembuh.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF