Rambut Jagung Ternyata Mampu Cegah Penyakit Jantung, Diabetes, Hipertensi, dan Ginjal
berita
Rambut Jagung
07 May 2020 06:00
Watyutink.com – Selama ini kita mengira rambut jagung adalah sampah yang tidak ada gunanya. Itulah sebabnya rambut berwarna kuning yang terdapat di ujung jangung itu kerap dibuang begitu saja. Padahal rambut jagung memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Rambut jagung diketahui bisa mengatasi beberapa penyakit dan membuat tubuh menjadi lebih bugar.

Tahukah Anda, apa saja penyakit yang bisa diatasi dengan rambut jagung?

Para ahli kesehatan mengatakan rambut jagung mengandung beberapa senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan. Senyawa tersebut antara lain, stigmastreol dan sitosterol yang bisa menyehatkan jantung. Selain itu rambut jagung juga mampu menurunkan kadar kolesterol.

Rambut jagung juga mengandung asam nabati yang bermanfaat bagi kesehatan mulut dan kulit. Selain itu rambut jagung juga membantu mengendalikan kadar glukosa dalam tubuh. Itulah sebabnya rambut jagung bermanfaat mencegah penyakit diabetes atau kencing manis. Pasalnya rambut jagung dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh.

Selain itu rambut jagung bermanfaat menjaga tekanan darah tetap normal. Sehingga terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Rambut jagung juga merupakan obat alami bagi penyakit gagal jantung kognitif dan kolesterol.

Rambut jagung juga diketahui mengandung kadar vitamin C yang cukup tinggi. Itulah sebabnya rambut jagung bisa menjadi antioksidan yang mampu mencegah penyakit, baik ringan atau berat seperti penyakit kardiovaskular. Rambut jagung juga mampu merangsang dan mengoptimalkan sirkulasi darah. Akibatnya semua organ tubuh vital bisa berfungsi dengan baik dan optimal.

Salah satu organ yang berfungsi optimal adalah ginjal. Selain itu rambut jagung juga efektif mengobati penyakit infeksi saluran kemih, infeksi kandung kemih, radang sistem kemih, dan batu ginjal.

Penelitian yang pernah dilakukan para ahli menunjukkan rambut jagung dapat merangsang sekresi empedu oleh hati. Itulah sebabnya mengonsumsi ramuan rambut jagung bermanfaat bagi kesehatan sistem pencernaan. Pasalnya empedu yang terdapat dalam kantung empedu akan membuat tubuh mencerna makanan secara lebih baik.

Rambut jagung juga memiliki kandungan zat anti inflamasi dan analgesik. Itulah sebabnya mengonsumsi ramuan rambut jagung dapat membantu meredakan sakit kepala. Selain itu ramuan rambut jagung dapat menghilangkan stres dan ketegangan. Pasalnya rambut jagung dapat meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi nyeri di bahu dan leher serta rahang kaku.

Bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan, ramuan rambut jagung sangat baik untuk dikonsumsi. Pasalnya rambut jagung memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga sangat tepat untuk menurunkan berat badan. Ramuan rambut jagung akan membuat tubuh kenyang lebih lama, meningkatkan metabolisme, mengontrol peradangan dan mempelancar pembuangan limbah atau kotoran dalam dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat rambut jagung, sangat mudah yakni dengan mengolahnya menjadi teh rambut jagung. Caranya siapkan rambut jagung segar, rebus dengan air hingga mendidih selama beberapa menit.

Biarkan hingga air rebusan berwarna kecoklatan lalu saring.Tambahkan lemon atau madu untuk menambah rasa. Minum saat masih hangat.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF