Rambusa, Tampak Menyeramkan tapi Kaya Manfaat
berita

22 June 2019 15:20
Watyutink.com - Rambusa atau Passiflora foetida, salah satu jenis tumbuhan yang orang jarang tahu karena seringnya tumbuh liar di semak-semak. Buah tumbuhan ini terlindungi jaring-jaring daun yang membuat penampakannya menyeramkan. Hal inilah membuat orang enggan untuk mengkonsumsinya.

Tahukah Anda manfaat buah Rambusa untuk kesehatan?

Buah rambusa yang dapat dikonsumsi yaitu yang matang, ditunjukan dengan buahnya berwarna kuning. Jangan pernah mengkonsumsi buah ini saat masih mentah karena mengandung racun. Buah rambusa mengandung berbagai macam nutrisi yang bagus untuk untuk kesehatan, antara lain kalsium, vitamin C, flavonoid, potassium, zat besi, fitronutrien, dan lain sebagainya. 

Kandungan kalsium dan vitamin C dalam buah ini bemanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, gigi dan gusi. 

Kalsiumnya mampu menjaga kepadatan tulang sehingga terhindar dari resiko osteoporosis. Selain itu zat anti oksidan yang terdiri dari vitamin C, flavonoid, dan potassium mampu menangkal radikal bebas, sehingga mampu menangkal seperti pertumbuhan sel kangker, dan kerusakan jaringan kulit.

Kandungan zat besi dalam buah rambusa mampu mencegah penyakit anemia. Zat besi berguna untuk membantu memproduksi sel-sel darah merah, sehingga dapat mencegah anemia dan mengatasi penyakit anemia. Selain itu kandungan fitronutrient di dalam buah ini sangat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah sehingga tetap stabil.

Buah rambusa juga memiliki kandungan mineral. Kandungan mineral yang terdapat dalam buah ini sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal dan menyembuhkan gangguan pada ginjal. Kandungan mineral ini mempunyai kemampuan untuk membantu fungsi ginjal dalam proses ekskresi urine. 

Selain mengatasi penyakit, buah rambusa juga mampu mengurangi rasa stres. Kandungan senyawa yang terkandung dalam buah ini mampu meningkatkan hormon rasa senang. Selain itu juga dapat menstabilkan syaraf-syaraf pusat, sehingga tubuh dan otak menjadi lebih tenang dan rileks.

Begitu banyak kandungan manfaatnya, jangan segan-segan untuk mengkonsumsi buah ini ya. (zaki)

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir             Banyak Hal Harus Dibenahi dengan kebijakan Strategis dan Tepat             Pertumbuhan Konsumsi Berpotensi Tertahan             Amat Dibutuhkan, Kebijakan Pertanian yang Berpihak pada Petani!