Puasa Sunnah dan Minum Jus Wortel dan Seledri, Cara Jaga Kolesterol yang Diajarkan Nabi Muhammad SAW
berita
Jus Wortel Seledri
13 August 2020 16:50
Watyutink.com – Selama ini banyak orang yang takut dengan kolesterol. Makanan apa pun yang memicu kenaikan kolesterol langsung di tolak. Pasalnya kolesterol diyakini sebagai salah satu pemicu munculnya penyakit-penyakit kronis, seperti serangan jantung dan stroke. Itulah sebabnya kolesterol dalam tubuh harus dijaga agar tidak melampaui batas dan membahayakan bagi kesehatan.

Ternyata upaya menjaga kolesterol sudah lama dikenal dalam Islam. Bahkan cara menjaga kesehatan yang diajarkan Nabi Muhammad SAW terbukti efektif menurunkan kadar kolesterol. Selain itu cara pengobatan islami juga mampu menjaga kolesterol tetap normal dan tidak menimbulkan gangguan kesehatan.

Tahukah Anda, bagaimana cara menjaga kolesterol yang diajarkan Islam?

Kolesterol sejatinya adalah zat alami yang diproduksi oleh tubuh melalui organ hati. Kolesterol juga didapat dari makanan yang dikonsumsi setiap hari. Di dalam tubuh, kolesterol berfungsi memproduksi sel-sel yang sehat, vitamin D, dan sejumlah hormone anabolik. Itulah sebabnya kolesterol terbagi menjadi dua macam, yaitu High Density Lipoprotein (HDL) atau lebih dikenal sebagai kolesterol baik. HDL bertugas membantu tubuh mencegah serangan berbagai jenis penyakit.

Selain itu tubuh juga memproduksi Low Density Lipoprotein (LDL) atau yang disebut kolesterol jahat. Sebutan ini didasari kenyataan LDL bisa menimbulkan masalah kesehatan bagi tubuh, terutama jika jumlah atau kadarnya berlebihan.  LDL yang berlebihan akan menumpuk dan membuat timbunan di dinding pembuluh darah. Akibatnya aliran daran menjadi terganggu lantaran pembuluh darah menyempit.

Berbagai penyakit bisa muncul akibat penyempitan pembuluh darah, seperti penyakit jantung koroner dan meningkatkan resiko serangan jantung. Hal ini jika yang menyempit adalah pembuluh darah yang menuju jantung. Jika penyempitan terjadi di pembuluh darah otak bisa menyebabkan penyakit stroke.

Sedangkan bila penyempitan terjadi di pembuluh darah tungkai, lengan dan perut menyebabkan penyakit arteri perifer. Selain itu LDL yang tinggi dalam tubuh meningkatkan pembentukan kristal empedu yang bisa mengeras menjadi penyakit batu empedu.

Itulah sebabnya kadar kolesterol dalam tubuh harus selalu dijaga dan dikontrol agar tetap normal. Pakar pengobatan herbal, dr Zaidul Akbar menjelaskan salah satu cara menjaga kadar kolesterol adalah dengan menjalankan pola hidup sehat seperti yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. Zaidul menyebut rajin berpuasa sunnah sangat bermanfaat menurunkan kadar kolesterol.

Penulis buku Jurus Sehat Rasulullah (JSR) ini menerangkan ada dua jenis puasa sunnah yang dianjurkan dilakukan secara rutin, yakni puasa Senin-Kamis dan Ayyamul Bidh, yakni puasa setiap pertengahan bulan atau tanggal 13-15 setiap bulan hijriyah. Lebih sehat jika ditambah dengan melakukan bekam setiap tanggal 17, 19, atau 21 setiap tanggal hijriyah.

Zaidul juga menyarankan akan menjaga pola makan sesuai dengan yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. Rumus makan sehat menurut dr Zaidul adalah jangan makan sampai kenyang. Bagi lambung menjadi tiga bagian. Isi sepertiga dengan makanan, sepertiga kedua dengan air, dan sepertiga berikutnya berisi udara.

Alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang ini juga memberikan resep minuman sehat yang bisa dikonsumsi setiap hari. Minuman berbahan buah dan sayur ini diyakini mampu menurunkan kadar kolesterol jika diminum secara rutin.

Bahan yang digunakan adalah tiga buah wortel, dua batang seledri, masing-masing satu buah jeruk dan lemon. Selain itu juga jahe dan kunyit masing-masing seukuran ibu jari orang dewasa, satu sayur kale seukuran besar dan seperempat sendok teh lada hitam.

Blender semua bahan itu, campur dengan air secukupnya hingga halus dan menjadi jus. Tambahkan madu untuk menambah rasa. Minum dengan rutin dua kali sehari. Imbangi dengan banyak minum air putih hangat. Selain bermanfaat menjaga kadar kolesterol, jus tersebut juga mampu menjaga kesehatan organ hati dan membuang racun dari dalam tubuh.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF