Puasa Ramadhan, Cara Allah SWT Bantu Umat Islam Singkirkan Wabah Virus Corona
berita
Sumber Foto: nu.or.id
25 April 2020 17:00
Watyutink.com - Banyak yang beranggapan bulan Ramadhan tahun ini datang di tengah suasana keprihatinan. Pasalnya bulan dimana umat Islam diwajibkan menjalankan ibadah puasa itu hadir saat wabah virus corona menerjang tanah air. Tak sedikit yang bersedih lantaran Ramadhan tahun ini tak ada sholat tarawih berjamaah, buka bersama, pesantren kilat dan kegiatan rutin lainnya.

Namun sejatinya kehadiran Ramadhan saat Indonesia tengah menghadapi pandemi virus corona atau Covid-19 justru harus disyukuri. Justru kehadiran Ramadhan adalah cara Allah SWT menolong umat Islam dari bahaya virus corona.

Tahukah Anda bagaimana Ramadhan biaa menolong umat Islam dari virus corona?

Salah satu kunci mengindari penularan virus penyakit, termasuk corona adalah sistem imun atau kekebalan tubuh. Pasalnya sistem umum adalah benteng yang melindungi tubuh dari berbagai virus penyakit. Puasa ternyata adalah cara yang ampuh untuk memperkuat kekebalan tubuh.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, dr Suzy Maria Sp.PD mengatakan sistem kekebalan tubuh juga mendapat manfaat dari berpuasa.  Saat menjadi narasumber di acara Hidup Sehat di TVOne, Jumat (24/4/2020) dr Suzy menjelaskan sistem kekebalan tubuh manusia kadang menguat kadang melemah. Saat berpuasa menurutnya ada beberapa komponen kekebalan tubuh yang justru menguat.

Dampaknya tubuh menjadi lebih kuat saat melawan infeksi. Hal ini tentu sangat bermanfaat saat suatu wilayah sedang menghadapi wabah penyakit, seperti Indonesia yang tengah dilanda pandemi virus corona.

Selain itu menurut dr Suzy, proses peradangan atau inflamasi dalam tubuh juga menurun saat sedang berpuasa. Saat peradangan menurun, risiko penyakit kronis seperti diabetes, jantung atau kanker juga ikut menurun. Itulah sebabnya dr Susy berkesimpulan, berpuasa itu sangat baik dan banyak manfaatnya untuk kesehatan. 

Kesimpulan serupa juga diungkapkan beberapa peneliti di University of Southern California, Amerika Serikat. Dalam penelitiannya, para peneliti menemukan bahwa rasa lapar bisa memicu sel-sel induk dalam tubuh memproduksi sel darah putih baru. Hal ini sangat penting dalam upaya melawan infeksi.

Para peneliti menyebut puasa sebagai "pembalik sakelar regeneratif" yang mendorong sel induk menciptakan sel darah putih baru. Penciptaan sel darah putih baru inilah yang mendasari regenerasi seluruh sistem kekebalan tubuh.

Profesor Valter Longo mengatakan puasa sangat efektif menyingkirkan bagian-bagian dari sistem yang mungkin rusak, tua, atau tidak efisien. Puasa yang berkelanjutan, sepeti saat Ramadhan memaksa tubuh menggunakan cadangan glukosa dan lemak.

Ketika tubuh sedang kelaparan, sistem akan berusaha menghamat energi. Salah satunya dengan mendaur ulang sel kekebalan tubuh yang sudah rusak dan tidak lagi diperlukan. Selanjutnya tubuh menggantinya dengan sel kekebalan tubuh yang baru.

Jadi jangan pernah khawatir melaksanakan ibadah puasa di tengah pandemi virus corona. In sya Allah justru dengan hadirnya bulan Ramadhan virus corona bisa segera disingkirkan.

 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF