Proning Position, Pertolongan Pertama Sesak Nafas Sebelum Dapat Tabung Oksigen
berita
Sumber Foto : detik.com
12 July 2021 17:10
Watyutink.com - Ditengah lonjakan kasus Covid-19, tabung oksigen adalah barang yang paling 'diburu' saat ini. Pasalnya bantuan oksigen diyakini mampu membantu pasien Covid-19 yang mengalami sesak nafas. Jika tidak, dikhawatirkan pasien Covid-19 akan mengalami kondisi buruk bahkan fatal tanpa bantuan tabung oksigen.

Namun saat ini untuk mendapat tabung oksigen bukan hal mudah. Permintaan yang sangat tinggi membuat tabung oksigen menjadi barang langka. Itulah sebabnya para ahli kesehatan memperkenalkan proning position sebagai cara atau tips mengatasi sesak nafas jika tidak bisa mendapat tabung oksigen.

Tahukah Anda, apa itu proning position dan bagaimana caranya?

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr Agus Dwi Susanto, SpP(K), FISR, FAPSR menjelaskan, proning position adah cara atau gerakan yang membantu membuka area di sekitar organ paru-paru. Akibatnya oksigenisasi atau upaya meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh bisa berjalan lebih baik.

Meski demikian dr Agus menegaskan proning position hanyalah pertolongan pertama pada pasien sesak nafas. Langkah ini dilakukan sambil menunggu mendapatkan asupan menggunakan tabung. Dr Agus menambahkan sebisa mungkin pasien segera dibawa ke rumah sakit.

Sementara itu dokter spesialis paru RSUP Persahabatan dr Erlina Burhan SpP mengakui proning position memang bisa membantu melegakan pernafasan, terutama bagi pasien Covid-19. Namun dr Erlina menuturkan, proning position bukan dilakukan dengan cara bersujud, seperti video yang sempat menjadi viral di media sosial (medsos).

Proning position adalah tengkurap dengan wajah menengok ke samping. Secara rinci terdapat tiga posisi dalam proning position,  yakni:

Posisi 1:
Tidur tengkurap dengan 3 bantal diletakkan di leher, panggul, dan kaki.

Posisi 2:
Berbaring menyamping ke kanan dengan 3 bantal di kepala, pinggang, dan di antara kedua kaki.

Posisi 3:
Rebah dalam posisi setengah duduk, 3 bantal ditumpuk untuk bersandar.

Menurut pedoman Ministry of Health & Family Welfare Government of India, proning position dapat dilakukan selama 30 menit, terutama untuk posisi tengkurap. Setelah 30 menit ganti dengan posisi duduk bersandar. Ulangi gerakan-gerakan tersebut dengan durasi waktu maksimal 30 menit.
 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF