Porang, Umbi Alternatif Sukseskan Diet Hingga Kontrol Gula Darah
berita
Sumber Foto : youtube.com
29 October 2019 15:53
Watyutink.com – Porang atau iles-iles merupakan jenis tanaman umbi-umbian yang masih jarang dikenal oleh masyarakat. Porang (Amorphophallus muelleri) biasa tumbuh liar di bawah naungan pohon. Bagian tanaman Porang yang bisa dimanfaatkan yaitu umbinya. Secara umum, dalam 100 gram umbi porang mengandung karbohidrat 18-21 persen, serat glukomanan 15,09 persen, dan jika sudah menjadi tepung mengandung protein sebesar 11,67 persen. Serat glukomanan memiliki sifat larut dalam air yang sangat baik untuk kesehatan.

Tahukah Anda manfaat umbi Porang bagi kesehatan tubuh?

Baca Juga

Mengkonsumsi umbi porang secara rutin mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Kandungan karbohidrat dalam umbi Porang membuat yang mengkonsumsinya kenyang lebih lama, sehingga cenderung tidak mengkonsumsi makanan lain. Bagi para pederita diabetes sangat disarankan untuk mengkonsumsi umbi Porang agar kadar gula dalam darah tetap terkontrol. Selain itu, bagi Anda yang sedang menjalani program diet, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi umbi porang untuk mengntrol nafsu makan Anda.

Kandungan serat glukomanan dalam umbi porang dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan mengkonsumsi tiga gram umbi porang setiap hari, mampu menjaga kolesterol dalam darag tetap normal.

Selain itu umbi porang bisa membantu meregulasi pencernaan dan mencegah konstipasi (sembelit). Mengkonsumsi umbi porang secara rutin mampu meningkatkan pergerakan pencernaan orang dewasa maupun anak-anak hingga 30 persen.

Bagi Anda yang memiliki masalah jerawat, umbi porang bisa menjadi solusi. Kandungan serat glukomanan pada umbi porang bermanfaat sebagai terapi topikal untuk jerawat dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

(GD)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah             Sektor UKM Masih Bisa Diandalkan             Masih Harus Banyak Dilakukan Pembenahan             Tantangan Besar Meningkatkan Tenaga Kerja Menjadi SDM Berkualitas             Ironi yang Tak Pantas Dibiarkan Berulang             Pemerintah Harus Tunjukan Penggunaan Utang  Secara Produktif