Ponsel Terkena Spyware, Begini Solusinya
berita
Sumber Foto : inet.detik.com
11 November 2019 13:40
Watyutink.com – Ponsel yang terserang malware pengintai atau spyware dapat mengancam keamanan data privasi pemiliknya.

Spyware biasanya akan sulit terdeteksi dan dihilangkan, sehingga perlu melakukan beberapa cara untuk memastikan ponsel telah terbebas dari intaian peretas.

Tahukah Anda, bagaiman menghilangkan spyware dari ponsel?

Berikut cara menghilangkan spyware dari ponsel.

Gunakan aplikasi antispyware. Android memiliki beragam aplikasi yang dapat melacak spyware, sekaligus memblokirnya dari ponsel Anda. Pastikan juga aplikasi tersebut telah terpercaya.

Jika aplikasi telah mendeteksi spyware, aplikasi akan secara otomatis menghapusnya. Hal ini merupakan solusi awal yang mudah untuk dilakukan.

Selanjutnya, ganti password, sebagai salah satu bentuk pencegahan dari peretas. Spyware dapat mengambil password Anda, sehingga menggantinya menjadi cara yang tepat walau sebenarnya belum tentu efektif.

Kemudian, gunakan verifikasi dua tahap (two step verification) dengan menggunakan dua metode otentikasi untuk memverifikasi bahwa seseorang yang berusaha masuk ke dalam akun adalah orang yang sesuai.

Perbarui sistem operasi (operating system/os). Berdasarkan pixelprivacy, pengguna ponsel disarankan untuk melakukan pembaruan sistem operasi (OS) terbaru. Biasanya pembaruan OS akan membawa pembaruan yang memperbaiki celah keamanan sebelumnya.

Jika belum yakin juga, atur ulang ponsel anda. Mengatur ulang (reset) ponsel kembali seperti kondisi pabrik merupakan cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menghapus perangkat malware yang tersimpan di ponsel.

Jangan lupa sebelum mengatur ulang, cadangkan (backup) dokumen penting seperti kontak dan foto.

Cara untuk me-reset ponsel Android yakni: buka Settings > General Management -> Reset -> Factory Data Reset. Sementara pada iOS, buka Settings -> General -> Rese

Bagaimana, apakah ponsel Anda aman?

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir