Pisang Kepok, Makanan Burung yang Sehatkan Manusia, Cegah Sembelit, Hipertensi, dan Batu Ginjal
berita

11 December 2019 16:30
Watyutink.com – Para pencinta burung berkicau pasti tidak asing lagi dengan pisang kepok. Pasalnya pisang jenis ini sering digunakan sebagai makanan burung piaraan seperti, kutilang, kepodang, pleci, jalak suren, dan sebagainya. Selain makanan lain, seperti kroto, pisang kepok diyakini bisa meningkatkan stamina dan suara burung berkicau.

Ternyata pisang kepok tidak hanya menyehatkan burung berkicau. Buah berasa manis ini ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan manusia. Pisang kepok diyakini dapat membantu mengatasi beberapa penyakit.

Tahukah Anda, apa saja manfaat pisang kepok bagi kesehatan?

Tidak berbeda dengan pisang pada umumnya, pisang kepok mempunyai rasa manis. Namun bentuknya buntal dan tidak lonjong seperti pisang pada umunya. Teksturnya keras dan lembut membuatnya enak dimakan.

Pohon yang berbuah sepanjang tahun ini diketahui memiliki beragam kandungan nutrisi. Dalam 118 gram pisang kepok terkandung kalori 105,2 gram, vitamin C 17,1 gram, vitamin B6 21,5 gram, serat 12,3 gram, mangan 16 gram, dan kalium 12,1 gram. Itulah sebabnya pisang kepok bisa membantu mengatasi berbagai gangguan kesehatan, salahsatunya adalah melancarkan pencernaan. Kandungan serat yang cukup tinggi membuat pisang kepok bermanfaat menyehatkan organ pencernaan.

Serat akan membuat makanan dalam lambung lebih cepat dicerna dan diserap tubuh. Selain itu serat juga bisa membuat fases lebih lunak. Itulah sebabnya pisang kepok berguna mencegah sembelit atau susah buang air besar.

Pisang kepok juga dapat mengatasi maag dan gangguan lambung lainnya. Pasalnya pisang kepok memiliki efek antacid yang bisa menetralkan asam lambung berlebihan. Sedangkan kandungan zat pectin membuat pisang kepok sangat baik bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Pisang kepok juga bermanfaat menyehatkan ginjal. Hal ini lantaran kandungan potasium yang membuat kerja ginjal menyaring racun dari dalam tubuh lebih optimal. Rutin mengonsumsi pisang kepok diyakini dapat menghindarkan tubuh dari penyakit batu ginjal dan kencing batu.

Sedangkan kandungan zat prebiotik, vitamin D, dan kalsium dalam pisang kepok sangat baik untuk kesehatan tulang. Pisang kepok bisa menghindarkan tubuh terserang penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Pisang kepok juga bisa menjadi makanan alternatif penderita penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kadungan kalium dan sodium dalam pisang kepok dapat mengontrol tekanan darah tetap stabil dan normal.

Untuk mendapatkan manfaat pisang kepok, sangat mudah. Bisa dimakan langsung saat sudah matang dan segar. Namun seringkali pisang kepok dinikmati dengan cara direbus. Sangat tidak dianjurkan mengolah pisang kepok dengan cara digoreng. Pasalnya cara itu justru menghilangkan nutrisi dalam pisang kepok.

Selain itu menggoreng sangat berpotensi menaikan kadar lemak jenuh atau lemak trans dalam pisang kepok. Kadungan lemak jenuh dikhawatirkan justru memicu berbagai penyakit, seperti seperti koleseterol, serangan jantung, obesitas, diabetes, hipertensi, dan stroke.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)