Pijatan di Sembilan Titik Telapak Tangan, Cara Sederhana Atasi Beberapa Masalah Kesehatan
berita
Sumber Foto : jawapos.com
26 August 2020 16:54
Watyutink.com – Selama ini kita melakukan pijat hanya jika mengalami masalah, seperti keseleo atau salah urat. Pijat juga kerap dilakukan jika badan pegal setelah bekerja berat. Padahal pijat sejatinya bisa dilakukan kapan saja. Pasalnya pijatan-pijatan dibeberapa titik tubuh bisa membawa manfaat besar bagi kesehatan.

Salah satu pijatan yang bisa dilakukan adalah di telapak tangan. Untuk hal ini, bisa dilakukan sendiri setiap saat, terutama dalam saat senggang. Penelitian yang dilakukan para ahli menunjukkan menekan atau memijit beberapa titik di telapak tangan bisa menyembuhkan beberapa penyakit.

Tahukah Anda, apa saja manfaat memijat telapak tangan?

Medical News Today, website asal Brighton, Inggris yang khusus berbicata tentang kesehatan pernah menuliskan, terdapat sembilan titik yang jika diberi tekanan akan mampu mengatasi masalah kesehatan. Titik-titik tersebut selama ini sudah sangat dikenal dalam dunia akupuntur.

Sembilan titik tersebut, yang pertama adalah titik segaris dengan ibu jari. Titik ini dikenal dengan Lung Meredian. Titik ini terletak ditepi telapak tangan, dari ujung ibu jari hingga lipatan pergelangan tangan. Memberi tekanan pada titik-titik tersebut menurut ahli refleksiologi bermanfaat membantu mengatasi gejala pilek, seperti bersih, demam, dan sakit tenggorokan.  

Terletak ke arah tepi telapak tangan, titik Lung Meridian mengalir dari ujung ibu jari ke bawah dan melewati lipatan di pergelangan tangan. Menurut ahli refleksologi, menggosok bagian yang sakit di sepanjang garis ini dapat membantu meringankan gejala pilek, termasuk bersin, kedinginan, dan sakit tenggorokan.

Selanjutnya adalah titik di pergelangan tangan atau yang disebut Heart 7. Posisinya berada di pergelangan tangan, tepat di luar tulang kecil sejajar dengan jari kelingking. Melakukan pijatan pada titik yang juga dikenal nama ‘Spirit Gate’ ini diyakini mampu mencegah gangguan tidur atau insomnia, depresi, gelisah, dan penyakit jantung.

Titik berikutnya adalah Inner Gate Point yang terletak di pergelangan tangan bagian dalam. Untuk menentukan posisi yang tepat, gunakan tiga jari dari bagian bawah telapak tangan. Pijatan pada titik ini dikatakan mampu meredakan mual , mulas, sakit perut dan gangguan pencernaan lainnya.

Selanjutnya adalah titik yang disebut Hand Valley Point yang terletak di antara jari telunjuk dan ibu jari. Ahli refleksi menyebut memberi tekanan pada titik ini berguna untuk mengurangi stres, menghentikan migrain, serta menghentikan rasa sakit di bahu, gigi, dan leher.

Titik berikutnya berada di sisi bagian atas tangan atau Outer Gate Point. Posisinya sejajar dengan Inner Gate Point. Tapi Outer Gate Point berada di bagian luar atau punggung tangan. Kedua titik tersebut berada diantara dua tendong.  Para ahli mengatakan pijatan di titik ini dapat menambah energi dan meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.

Berikutnya adalah titik Base of Thumb Point yang terletak di pangkal ibu jari. Titik ini bisa dtemukan dengan menelusui jari ke sisi telapak ibu jari hingga lipatan pergelangan tangah. Pijatan di titik ini menurut para ahli mampu membantu mengatasi masalah pernafasan. Pijatan atau tekanan sebaiknya dilakukan dengan lembut dan halus.

Titik berikutnya terletak di bawah jari kelingking atau yang disebut Small Intestine 3. Pijatan dengan kuat pada titik ini dapat membantu meringankan sakit kepala, sakit di bagian belakang kepala, dan sakit leher.

Selanjutnya ada titik yang terletak di ujung jari. Memberikan tekanan pada titik yang dikenal dengan Ten Dispersions ini dapat membantu meringankan gejala seperti demam tinggi atau sakit tenggorokan. Para ahli refleksi juga menyatakan tekanan atau pijatan dapat membantu mengobati koma atau epilepsi.

Titik terakhir disebbut Four Seams yang terletak dibagian tengah kelima jari. Tempatnya berada di bawah titik Ten Dispersions. Ahli akupresur percaya pijatan di titik-titik ini dapat mengatasi masalah pencernaan, terutama pada anak-anak.

Meski bisa dilakukan sendiri tapi jika tidak mengerti cara memijitnya, sebaiknya dikonsultasikan dengan ahli refleksi.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF