Perut Buncit Bisa Sebabkan Serangan Jantung, Diabetes, dan Hipertensi, Cegah dengan Air Rebusan Apel Hijau
berita

31 October 2020 17:20
Watyutink.com - Salah satu kondisi tubuh yang paling dihindari orang adalah perut buncit. Selain mengganggu penampilan, perut buncit juga dikhawatirkan memicu berbagai gangguan kesehatan. Terlebih beberepa ahli kesehatan menyebut perut buncit bisa menjadi pertanda beberapa penyakit kronis. 

Itulah sebabnya perut harus diupayakan terlihat rata. Salain dengan rutin berolah raga, perut juga bisa dikempiskan dengan menjaga pola makan. Beberapa jenis makanan sehat diyakini bisa mengecilkan perut. 

Tahukah Anda, apa makanan yang bisa mengecilkan perut? 

Perut buncit adalah kondisi yang terjadi akibat asupan makanan berlebihan masuk ke dalam tubuh. Menjadi semakin parah lantaran tubuh jarang beraktivitas fisik. Akibatnya asupan makanan yang masuk lebih banyak dibandingkan energi yang dikeluarkan untuk beraktivitas. 

Perut buncit bisa menjadi bahaya jika makanan yang dimakan memilki kadar gula dan kolesterol yang tinggi. Hal itu menyebabkan lemak menumpuk di tubuh terutama di bagian perut.

Kurang tidur, stres, dan mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa menyebabkan perut buncit. Pertambahan usia dan hormon yang tidak seimbang pada wanita menopause juga bisa memicu perut buncit.

Para ahli kesehatan menyakini perut buncit bisa menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya adalah jantung dan stroke. Pasalnya lemak viserial yang menumpuk dapat menyebabkan peradangan dan berisiko penyakit jantung. Lemak viseral adalah penghasil racun dalam tubuh.

Lemak viseral juga meningkatkan risiko serangan jantung. Pasalnya lemak viseral berhubungan dengan kadar kolesterol jahat  yang bisa menyumbat pembuluh darah di otak dan memicu stroke.

Perut buncit juga berisiko menyebabkan penyakit diabetes atau kencing manis. Penumpukan lemak viseral akan menghasilkan retinol yang bisa menganggu kerja insulin. 

Perut buncit juga bisa memicu tekanan darah tinggi atau hipertensi. Pasalnya lemak viseral dapat meningkatkan tekanan darah dan memengaruhi kondisi ginjal. Selain itu lemak viseral di organ dalam rongga perut, termasuk di sekitar ginjal dan kelenjar adrenal.

Kedua organ tersebut sangat penting untuk mengatur tekanan darah. Itulah sebabnya tekanan dari lemak viseral dapat mempengaruhi tekanan darah.

Perut buncit juga dapat memicu penyakit kanker, terutama kanker payudara dan kolorektal. Sitokin yang dihasilkan tumpukan lemak viseral dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh. Hal ini bisa memicu perubahan sel tubuh menjadi sel kanker.

Begitu banyak ancaman penyakit akibat perut buncit membuatnya tidak bisa dianggap enteng. Salah satu cara menghilangkan perut buncit adalah dengan mengonsumsi air rendaman apel hijau. 

Pakar pengobatan herbal dr Zaidul Akbar melalui unggahan di akun instagram kajian kesehatan Islam membaga resep membuat air rendaman apel. Siapkan bahan berupa tiga buah apel hijau dan lima batang serai. Potong apel kecil-kecil sedangkan serai digeprek. Rebus kedua bahan tersebut dengan 1,5 liter air. 

Setelah apel menjadi lembek angkat. Biarkan menjadi hangat lalu saring. Minum secara rutin air rebusan apel hijau. Selain mengempiskan perut, air rebusan apel hijau bisa mencegah perut kembung, menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan kulit dan menurunkan berat badan.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF