Permen Karet, Pisang, dan Cuka Apel, Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Kambuh
berita

18 August 2021 16:25
Watyutink.com - Salah satu gangguan kesehatan yang sering diderita orang Indonesia adalah asam lambung. Penyakit yang juga disebut gastroesophageal reflux disease (GERD) menimbulkan rasa seperti terbakar di dada hingga kerongkongan. Gejala penyakit asam lambung bisa muncul hingga dua kali dalam seminggu.

Penyakit asam lambung bisa menyerang semua usia, baik anak-anak maupun orang dewasa. Penyakit ini juga bisa kambuh atau menyerang kapan saja. Sayangnya banyak orang yang kurang memahami bagaimana cara mengatasi penyakit asam lambung yang sedang kambuh. 

Tahukah Anda bagaimana cara memberikan pertolongan pertama saat asam lambung kambuh? 

Serangan asam lambung ditandai dengan 
rasa terbakar di dada yang disebut heartburn. Asam lambung kambuh juga kerap menimbulkan mual, muntah, sering bersendawa hingga sesak napas. Jika hal itu terjadi para ahli kesehatan menyarankan melakukan beberapa hal yang diyakini mampu meredakan serangan asam lambung. 

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah mengunyah permen karet. Hal ini bisa membantu mengurangi kadar asam pada saluran dari tenggorokan ke perut atau esofagus. Mengunyah permen karet akan mendorong produksi air liur lebih banyak. Nantinya air liur akan membasahi dan mengurangi level keasaman yang ada di esofagus. 

Dilansir dari Healthline, cara kedua meredakan serangan asam lambung adalah minum cuka apel. Larutam berasa asam ini diyakini akan mengurangi kadar asam di kerongkongan. 

Namun jangan terlalu banyak. Cukup satu sendok teh cuka apel dan campurkan dalam segelas air puth. Minum larutan tersebut hingga habis

Minum larutan baking soda juga bisa menjadi pertolongan pertama saat asam lambung menyerang. Sama dengan cuka apel, cukup satu sendok teh baking soda dan dicampur dengan segelas air. Selanjutnya minum sampai habis. Meski asanya tidak enak, larutan baking soda dipercaya bisa menurunkan kadar asam di lambung.

Caranya hampir sama dengan terapi cuka apel, yaitu mencampurkan sesendok kecil baking soda ke dalam segelas air. Kemudian minum larutan tersebut hingga habis.

Cara yang lebih nikmat meredakan serangan asam lambung adalah makan pisang. Buah yang sangat mudah ditemukan ini rendah kadar asam, kaya akan nutrisi juga kaya akan antioksidan. Hal inilah yang menyebabkan pisang bisa menurunkan kadar asam di esofagus dan lambung. 

Pisang mampu menyehatkan saluran pencernaan. Selain itu pisang juga baik untuk menjaga berat badan tetap ideal. Pasalnya pisang akan membuat perut kenyang lebih lama dan menenangkan lambung. Gel lidah buaya diyakini bisa mendinginkan saluran cerna termasuk meringankan gejala heartburn.

Untuk membuat jus lidah buaya, ambil daun lidah buaya kupas kulitnya hingga tersisa bagian dalamnya yang seperti gel. Ambil gel yang bening dan buang gel kuning yang berada tepat di bawah kulit. 

Potong gel tersebut menjadi beberapa bagian, blender sampai halus. Hasilnya bisa langsung dikonsumsi atau disaring terlebih dahulu. 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF