Penyakit Asam Urat, Rasa Nyeri Akibat Kadar Purin Tinggi
berita
Sumber Foto : obatasamuratherbalxamthone.wordpress.com
16 October 2019 10:00
Watyutink.com - Ada sebagian orang yang enggan makan kacang-kacangan. Mereka takut asam uratnya kambuh. Mereka khawatir rasa sakit terutama di persendian akan terasa manakala makan makanan yang mengandung kacang.

Tahukah Anda, apa sebetulnya asam urat itu, dan mengapa sampai menimbulkan rasa sakit yang kadang tak terperikan?

Asam urat adalah kondisi dimana kadar purin di dalam tubuh sangat tinggi. Akibatnya tubuh bereaksi dengan menimbulkan rasa nyeri pada bagian tubuh tertentu.

Purin adalah protein yang ada diproduksi di dalam tubuh dan juga terkandung pada banyak makanan. Semakin banyak makan makanan yang mengandung purin, semakin besar juga tubuh memproduksi asam urat atau uric acid. Kadar purin yang tinggi akan mengalir dalam darah dan mengubah asam urat menjadi kristal. Jika kristal menumpuk di sekitar sendi dan jaringan lunak tubuh lainnya akan menimbulkan rasa linu dan nyeri.

Meski saat ini banyak obat yang dapat menyembuhkan asam urat, namun akan lebih baik jika kita melakukan pencegahan. Caranya dengan menerapkan pola hidup sehat, menghindari makanan beralkohol dan kadar gula tinggi. Kurangi makanan yang mengandung purin atau protein tinggi, banyak minum air putih dan rajinlah berolah raga.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS             Harus Disadari, Ada Akar Masalah yang Tidak Diselesaikan             Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah             Sektor UKM Masih Bisa Diandalkan             Masih Harus Banyak Dilakukan Pembenahan             Tantangan Besar Meningkatkan Tenaga Kerja Menjadi SDM Berkualitas